berbagi tips skripsi #tsah

hahaha agak serius dikit lah ya sekarang bahasannya. skripsi emang jadi ketakutan terbesar banget kayanya buat mahasiswa S1 (atau gue aja?). yang tadinya asik-asik aja kuliah, bolos rame-rame, ngedelay tugas rame-rame, ngelobi dosen untuk libur rame-rame, ngegembel nyari spesimen (jurusan gue aja sih), nginep sambil ngerjain tugas bareng, ngurusin kepanitiaan, rapat himpunan beberapa menit sebelum UAS, dapet nilai jelek masih santai aja, ujian gak belajar juga nyantai aja karena sekelas pun gitu, nongkrong sambil makan bareng abis pulang kuliah, dimarahain dosen malah cengenges-cengenges, di perpus sampe malem sambil berwebcam ria, dan masih banyak kegilaan lainnya. pas udah skripsi jadi sendiri-sendiri, berasa gak kenal sama yang lain. fokus karena punya targetan masing-masing. kuliah jadi super hambar. gak seru samsek! tapi ya emang masa kuliah yang rame-rame udah abis kali ya diganti sama yang agak serius gitu. makanya kebanyakan orang suka gak betah sama suasana kaya gitu (termasuk gue) ada yang berusaha ngelawan ada yang malah jadi woles (kaya gue). Cuma seriusnya, gue mau ngasih tau aja kalo skripsi lo harus banget cepet selesai! gimanapun caranya. meskipun ya kesuksesan gak bergantung sama cepet lambatnya kita selesai kuliah cuma daripada ditunda-tunda jadi bikin stres mending dikerjain. ya itupun cepet enggaknya skripsi selesai tergantung rezeki juga ya. ada yang udah semangat banget eh taunya dapet dosbing yang perfeksionis jadi tetep aja lama selesainya, ada yang biasa aja tapi dapat dosen yang rajin ngingetin eh jadi cepet selesai, ada yang udah selesai taunya dosbing ke luar negeri atau sakit jadi sidangnya ditunda, adaaa...adaaa.

kenyataannya skripsi bukan aja tergantung sama apa yang udah kita usahakan. masalah dan ujian skripsi bahkan lebih banyak dateng dari faktor eksternalnya, misalnya aja printer yang tiba-tiba rusak di akhir-akhir revisian, dosbing yang kena musibah, dosbing ke luar negeri, dosbing super sibuk, dosbing sakit, dosbing woles, dosbing perfeksionis, laptop nge-hang, putus dari pacar, sidang dibatalin, ada masalah nilai di semester sebelumnya. banyaaak...banyaaak banget obstacles skripsi tuh. bahkan simply masalah gebetan yang gak ada kabar aja jadi overthinking dan ngerusak mood skripsian saking lagi carut marutnya pikiran. tapi seenggaknya maksimalin dulu usaha dari diri kitanya. kalau emang ada ujian-ujian diluar kuasa kita, yaudah pasrah dan ikutin aja yang penting kita udah do the best! 

nah sekarang tinggal gimana caranya maksimalin dari diri kita supaya skripsi bisa cepet selesai. caranya? banyak banget dan mungkin tiap orang bakal ngelakuin hal yang beda-beda untuk ningkatin usahanya, motivasinya, dan ngilangin malesnya. 
  1. Gak usah terburu-buru ngejar seminar proposal skripsi kalau belum mateng ide penelitiannya. Cari dulu bahan sebanyak-banyaknya, bahkan pake analisis SWOT yang simpel juga bisa. pastikan kalau kita tau apa bahan dan benang merah penelitiannya. jangan kaya beli kucing dalam karung. sembarangan ambil tema skripsi taunya ditengah jalan temanya gak segampang yang dikira jadinya stuck ditambah gak ada motivasi karena bukan bidang yang diminati atau dikuasai.
  2. Usahakan ambil bidang yang diminati atau dikuasai. karena penting banget supaya pas ngerjain jadi semangat dan mengurangi kesulitan pengerjaan juga.
  3. Kalo dosbingnya bisa milih, jangan milih yang baik dua-duanya. Usahakan ada yang wolesnya satu dan ada yang on tracknya satu. jadi balance. gak terlalu dibikin stres dan gak terlalu dilepas juga. hehe milih dosbing ini sih tergantung kepribadiannya juga misalnya ada yang mahasiswa yang semangat kalo dosbingnya cantik atau cakep. bisa ko bisa. kalo emang bisa milih dosbing sendiri, jangan disia-siain. harus dipilih bener-bener supaya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
  4. Cari temen untuk ngerjain skripsi bareng, temen susah-senang-seperjuangan-skripsi gitu. ini cara paling jitu. jangan sok-sokan mandiri, atau sok pinter, dan ngerasa bisa ngerjain sendiri pokoknya. skripsi tuh seriusan banyak banget godaan dan cobaannya. cari temen disini biar bisa saling bantu kalo ada kesulitan, bisa tukeran sumber kalau emang tema skripsinya sama atau mirip, selalu ada yang mantau progres skripsi kita (pertanyaan,”Skripsi lo udah nyampe mana?” serius bakal jadi energi aktivasi, meskipun kesannya nyindir tapi dilubuk hati kita pasti muncul semangat untuk ngejar progres skripsinya dia), nyemangatin kita kalo kita lagi males (kesannya juga basa-basi sih cuma disaat kita lagi krisis semangat dan percaya diri saat skripsi, ini bisa jadi spiritbooster juga), bahkan denger curhatan kita kalo abis dimarahin dosbing (adanya balesan,”Udah lah gak usah dipikirin, gue juga kemaren dimaki-maki ko.” dari temen kita bisa jadi pain-healing lho, seenggaknya bukan kita aja yang dimarahin, bukan kita aja yang ngerasa bego). ngerjain skripsi barengan di KFC, di kafe (buat yang banyak duit), atau di perpus, atau di kosan temen sampe nginep-nginep, atau di Indomaret Point (yang duitnya biasa aja) akan lebih seru dibanding ngerjain sendirian di kosan kan? percayalah tekanan teman sesama pejuang skripsi yang sidang atau wisuda duluan akan jauh lebih efektif terasa dibanding tekanan dari orangtua hehe
  5. Kalo lagi ngontrak matkul skripsi sebisa mungkin tiap hari ke kampus. biarpun gak ada janji sama dosbing, ketemu temen-temen atau bahkan ngeliat gedung kuliah bisa memotivasi kita untuk cepet lulus dan ngasih aura kasih eh maksudnya aura positif ke kitanya. percaya deh itu orang yang skripsinya gak selesai-selesai (naudzubillah) pasti emang gak pernah ke kampus lagi. mereka udah terlalu asyik dengan dunia luar jadinya feeling masih jadi mahasiswa yang harus menyelesaikan kuliahnya udah gak ada lagi. dampaknya ke skripsi yang gak dikerjain.
  6. Banyak tanya ke senior. ini wajib deh dilakuin. cari kontak senior yang ternyata ambil tema skripsi yang sama atau dosbingnya sama, tanya apapun atau curhat apapun yang kita rasain plus minta tips-tipsnya juga, mereka juga toh gak mau kesalahan yang pernah mereka lakuin saat skripsian terjadi lagi ke kita (seniornya pilih yang baik dan memang kompeten ya hehe). meskipun jamannya udah beda, beberapa pesan dari mereka kadang bikin sukses. atau sekadar minta tips ke senior yang berhasil lulus tepat waktu bisa jadi bahan pertimbangan kita untuk bikin strategi.
  7. Kalo bingung sama skripsi jangan justru jadinya ditinggalin. boleh refreshing biar gak jenuh tapi jangan kelamaan karena nanti akan cenderung lebih susah untuk memulai laginya. kalo udah stuck, hubungi dosen untuk diskusi. bilang apa adanya kalau skripsi kita mandek dan bingung harus gimana. meskipun ada beberapa dosen yang marahin pada awalnya tapi ujung-ujungnya mereka selalu ngasih solusi ko. plis, hilang dari peradaban dosbing bukan cara yang baik menyelesaikan masalah stuck-nya si skripsi. berasa dikejar-kejar arwah gentayangan tau gak sih kalo 2 minggu aja gak bimbingan (pengalaman). jadi usahakan setiap minggu harus ketemu dosbing ya sekecil atau bahkan gak ada perkembangan apapun dari skripsi kita.
  8. percayalah dosbing kita tuh punya mahasiswa bimbingan yang gak sedikit. jangan diambil hati kalo mereka merevisi draft kita habis-habisan, atau maki-maki kita bilang sumpah serapah ini itu. itu semua jangan jadi penghambat kita untuk bimbingan karena pas minggu depannya kita kesana lagi dosen dipastikan gak akan inget apa yang udah mereka lakuin ke kita begitu sebaliknya. so stay calm and be positive aja. anggap gak terjadi apa-apa. toh dosbing juga manusia. mereka juga tempat salah dan lupa. mereka BUKAN Tuhan lho inget! hormati mereka sepatutnya, abaikan mereka selebihnya 
  9. point utama dari skripsi dan sidang itu sebenernya uji mental. jadi jangan takut buat yang ngerasa gak pinter-pinter banget. skripsi itu bukan ngukur seberapa pinternya kita, tapi ngukur seberapa sungguh-sungguhnya kita ingin lulus. skripsi gak mungkin selesai tanpa pengorbanan nunggu dosen berjam-jam, diphpin dosen, dimarahin, begadang, makan hati lihat teman-teman yang udah lulus duluan, siklus hidup dan pikiran yang jadi berantakan, bahkan dianggap remah rempeyek atau butiran debu sama dosen (helow pikir aja emang kita tuh butiran debu dihadapan mereka. secara mereka udah Prof. atau Dr. kita Sarjana aja belum kan. jadi wajar sebenernya bikin kebodohan juga. anggap aja sebagai bahan nostalgianya mereka hihiii). kalau itu semua bisa dilewatin, Insya Allah kelulusan sudah di depan mata.
  10. Tanamkan selalu sugesti kalo semuanya akan selesai, semuanya akan baik-baik saja. sabar, hadapi, dan tetep lakukan yang terbaik. inget pengorbanan orangtua #KitaroModeOn #cirambay, inget pas masa-masa awal kuliah dimana kita skeptis untuk bisa sampai ditahap sekarang ternyata semuanya itu bisa dilewati baik-baik saja. fase skripsi pun begitu, semuanya akan terlewati juga. dan ingat, dibalik usaha kita ada Allah yang menuntunnya, lebih dekati Allah supaya semuanya lancar. percayalah hari-hari berat sebagai mahasiswa tingkat akhir suatu hari nanti akan sangat manis untuk dikenang. nikmati setiap prosesnya.

ya mungkin itu ya tips-tips yang bisa dibagi. hehehe beberapa ada yang terinspirasi dari kesalahan diri sendiri juga sih *sedih* dan saya gak mau itu terjadi di generasi berikutnya (halah!). semoga bermanfaat ya! semangat selalu pejuang skripsi!!! doakan skripsi saya pun berjalan lancar hingga sidang ya :*

Comments

  1. Teteh!!!!! inspiring banget aaaaaah. Tapi sayang banget aku ga punya temen seperjuangan :((( huhuhu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak