being serious

seriusnya banget. kangen jadi mahasiswa tingkat satu, dua, dan tiga. kangen rapat di audit lantai 2. kangen bikin mading. kangen bikin artikel. kangen ngerjain kepanitiaan meskipun sabtu minggu kesita dan besok seninnya tugas dan ujian numpuk. kangen pulang ke kosan malem-malem dan jam 10 aja udah ngantuk luar biasa terus ketiduran dengan nikmat. kangen ngirim tugas ber-MB-MB. kangen praktikum. kangen bawa spesimen. kangen belajar di kebun botani. kangen kuliah lapangan. kangen ngegambar. kangen ujian kinerja. kangen ngerjain mini riset. kangen solat magrib di JICA masih pake jas lab. kangen keluar lab saat semua lampu JICA dinyalain. kangen langit magrib UPI. kangen makan siang bareng temen-temen di kantin. kangen observasi sekolah.

kangen semua aktivitas non-tingkat akhir yang gak monoton. 

dulu-dulu aja sering ngedumel, sering ngeluh karena aktivitas yang seabrek dan deadline gak berhenti-henti. tapi sekarang kangen maksimal. nyesel dulu gak terlalu menikmati. nyesel dulu gak banyak bersyukur.

trust me. meskipun tingkat 1,2,3 itu emang bikin stress, nyebelin, nyapein, makan hati. tapi nanti pas udah tingkat akhir bakal kangen banget. setidaknya waktu tingkat 1,2,3 itu susahnya dikerjain bareng-bareng. kalo udah tingkat akhir? ya susah senang ditanggung sendiri. usaha sendiri. semuanya dilakuin sendiri. banyaknya di perpus, di kosan. kuliah juga jarang. ketemu temen-temen jarang. kepanitiaan juga udah gak lagi. dateng ke acara himpunan berasa gak temen dan gak terlalu asyik jadinya. hidup tuh berasa sendiri. dan siapapun yang bilang kalo being individual itu mengasyikan, coba rasain pas kamu di tingkat akhir S1? itu sungguh gak enak. dulu sih setidaknya masih bisa ketawa-tawa sama temen-temen pas pulang praktikum, atau pas rapat, atau pas kulap. ngomongin asprak, dosen, ya rame-ramean aja sih. sekarang udah pada serius semua. pulang kuliah udah masing-masing, karena ada yang mau ke dosbing, mau ke perpus dll.

ah memang semua ada waktunya ya, ada waktunya main-main, ada waktunya serius. tapi jujur serius itu emang gak asyik, tapi ya mau gimana lagi. mau gamau harus dijalani.

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak