tercengang saat tau kalau batas kadar wirid Al Quran yang ideal (waktu khatam Al Quran yang ideal) itu maksimal 1 bulan dan minimalnya 3 hari. sedangkan banyak sahabat Rasulullah yang mengajarkan untuk bisa mengkhatamkan Al Quran dalam 1 minggu. begini hubungannya, 3 hari terlalu cepat untuk mengkhatamkan Al Quran karena ditakutkan kurang mentadaburi atau memahaminya sedangkan jika mengkhatamkan lebih dari 1 bulan itu keterlaluan. deg! berarti itu tandanya no excuse untuk khatam lebih dari sebulan. saya? tentu termasuk manusia yang selalu khatam Al Quran lebih dari sebulan, bahkan bisa sampai 2 bulan (kecuali di bulan Ramadhan) astaghfirullahaladzim

godaan terbesar skip tilawah itu karena ngantuk sih. sebelumnya meskipun udah ditarget tiap hari misalnya 1 juz karena siangnya banyak aktifitas dan gak sempet baca, malemnya jadi ngehukum diri sendiri kejar setoran 10 lembar Al Quran tapi kalo udah ngantuk dan capek banget ngejar setoran pun gak tercapai. karena terus-terusan ngutang jadi males mertahanin batas minimal 1 hari. jadinya aja targetnya ganti, baca berapapun jumlahnya yang penting dalam sehari harus baca Al Quran. kalo kaya gini gimana bisa 1 bulan 1 kali khatam kan?

kalo gini harus nge-push diri nih, maksain, dan anggap Al Quran itu kebutuhan primer jadi kalo gak dipenuhi dalam satu hari bakal nyesel dunia akhirat gitu. semoga bisa start dan istiqomah. semuanya gak akan berubah kalo manusianya juga gak berubah. bismillah... back to 1 juz 1 day yuk!

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak