the last Ramadhan 1434 H

dan hari ini hari terakhir bulan Ramadhan 1434 H, sedihnya kebangetan! sedih karena target Ramadhan yang udah dibuat gak ada yang kecapai. astagfirullah. i thought, this year is not my best of Ramadhan. even worse than my common day. tilawah cuma diawal-awal aja bisa 2 juz per hari plus artinya, solat dhuha berantakan, tahajud susahnya minta ampun, tarawih aja ada bolongnya. mikirnya sih karena KKN, tempat KKN yang gak kondusif untuk ibadah padahal sebenarnya kalau saya bisa mengondisikan bakal lebih banyak lagi pahala yang didapat, misalnya solat 5 waktu berjamaah, tarawih di masjid terus bareng temen-temen, tilawah bareng-bareng. tapi nyatanya, kebawa-bawa malesnya. belum lagi alasan kecapean ngerjain proker beside harus masak dan belanja juga.

i'm not blame anything. i just feel so guilty with my self, how if this year is my last year to meet with Ramadhan? kapan lagi saya kumpul-kumpul pahala yang cuma niat baik aja pahalanya besar banget? kapan lagi ketemu bulan yang apapun kebaikan yang kita lakukan pahalanya berlipat-lipat? kapan lagi ketemu bulan dimana lahan ibadahnya juga banyak lagi?

tapi gimana, sekarang udah Ramadhan 1434 H terakhir, tinggal 1 hari lagi kumpul-kumpul pahalanya. wallahualam kemarin-kemarin meskipun gak kasat mata ibadah (solat, tilawah) semoga masih dikasih banyak pahala sama Allah (amin) karena kemarin juga ngerjain proker untuk kebaikan. semoga niatnya bener karena Allah biar gak sia-sia. udah gak ibadah habluminallah, eh hablumminnas-nya juga gak dikerjain bener. semoga uang yang dikeluarin kemarin jadi sedekah, semoga tiap hari masak sahur dan buka dapat pahala yang sama kaya tahajud hehe amin.

awalnya kecewa sih lihat Ramadhan tahun ini gak kaya Ramadhan tahun kemarin tapi luar biasa bersyukur sama Allah karena justru di Ramadhan tahun ini, saya bisa ngelakuin kegiatan yang beda dari tahun-tahun lainnya. di Ramadhan tahun ini, saya bagi-bagi ilmu, ngajar ngaji, belajar masak dan bahkan masak bukaan dan sahur untuk temen-temen, dan pengabdian lainnya pada warga desa juga. meskipun gak terlihat ibadah, tapi siapa tahu justru pahalanya lebih besar. who knows?

yaa Allah, the almighty, i beg your mercy to let me meet with Ramadhan next year with full team member family, with a perfect health and happiness like you've given to us this year. thank you for every bless, love, protection, guide, forgive, and peace till now. hope you always give us those are which literally can't be written and mention (and i think all of people do the same, there is no other prayer than that for today)

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak