Baluran National Park

D+7 Baluran National Park. meskipun agak sedih karena gak banyak mendokumentasikan diri sendiri saat di sana tapi keindahan scenery dan berbagai macam tumbuhan dan hewannya Baluran gak akan pernah dilupa. masih inget banget, sebelum ke Baluran malasnya minta ampun. udah bersuudzon ria dan nyangka kalau field trip ini nonsense. tapi begitu sampai sana, subhanallah gak pernah lepas dari mulut.

4 hari 3 malam dengan 5 ekosistem yang berbeda tapi ada dalam satu kawasan taman nasional benar-benar memorable. ngerasain gimana savana dengan 48 derajat celciusnya, dan setelahnya langsung diguyur hujan deras di evergreen tanpa ponco apalagi payung. meloncati hutan mangrove dari akar tunjang satu ke akar tunjang yang lain. bermain di pantai dengan banyaknya bulu babi dan Holothuria yang so disgusting. membelah savana naik truk di malam hari plus pemandangan kumpulan rusa, kerbau, Bubo, banteng, ular dll.  di hutan pantai lihat banyak jejak babi hutan dan Panthera yang kelihatan fresh. nganveg jadi gak konsen gara-gara parno takutnya tiba-tiba di jejak itu muncul dengan hewan sungguhannya. masuk ke evergreen dengan pohon tinggi dan rapat sampai cahaya matahari sedikit yang masuk. makan bersama Macaca dan Pavo. kenalan dan dekat dengan teman baru IPSE. that was incridibly awesome!

kalau bukan di kulap ekum gak bakalan dapat experience kaya gitu. alhamdulillah no matter what, i love biology beacuse it is giving me many experience and things to be grateful to Allah. biology, teach me how great Allah when created something in the best way, the best reason.

kalau kata Dinda anak IPSE setelah dari Baluran sih things are running under prediction but out of expectation in a best way. Alhamdulillah, truthfully feeling blessed.

sorry i didn't attach even just a picture of the beautiful of Baluran. really i don't have one of them. i just too concern to do observation and forget to take my picture. well my unlogic reason is to make you curious and anxious so you have to go Baluran haha

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak