curhat doong *haha

alhamdulillah UTS selesai. haha sebenarnya bukan UTS sih, tapi tes unit. berasa anak SMA emang setiap ganti bab pasti ada ujian dan emang sistem di semester 4 itu rata-rata kaya gitu. hampir semua mata kuliah menerapkan itu. ga tau apa alasannya para dosen lebih milih sistem itu, yang jelas mungkin salah satunya untuk memberikan kesempatan pada kami untuk berpeluang mendapat nilai akhir yang lebih baik karena ujian yang diberikan lebih banyak.

hmm harusnya sih kaya gitu, tapi kenyataannya kebanyakan dari kami tetep aja nilainya gitu. apalagi semakin naik tingkat mata kuliah semakin abstrak dan cenderung bikin kita mikir cocok ga nya kita di jurusan sendiri. bikin galau tingkat dewa!

gue baru sadar kalo jurusan gue bukan tipe hafalan. wrong banget kalo ada yang bilang biologi itu hafalan. lo ga bakal bisa lulus kuliah disitu kalo modal hafalan doang! emang bener banyak banget nget nget konsep yang diharus dikuasai tapi ga bisa dengan teknik hafalan juga. bisa ilang paling lama 3 hari tuh hafalan. apalagi ntar mau ngajar ga kebayang kalo cuma hafalan terus pas ngajar lupa-lupa gitu.

dan inilah yang terjadi sebenarnya sama gue di semester 4, sebenarnya semester ini tuh semester nyantai. tiap minggu gue bisa-bisa aja hang out kemana gitu karena ga tugas yang membebani banget tapi itu looooh mata kuliahnya banyak banget konsepnya. dari mulai ilmu gizi, embriologi, parasitologi, entomologi, zoologi vertebrata semuanya mata kuliah yang baru banget gue dapet bahkan denger namanya masih asing. dan semua mata kuliah itu benar-benar mengasah kemampuan analisis kita. ga hanya ngandelin hafalan doang.

dan nyatanya gue udah sadar kalo hafalan doang ga akan bikin kita sukses di biologi, tapi saat belajar gue masih aja ngafal. belum bisa nyangkut-nyangkutin materi sebelumnya dengan materi baru jadi teori kaya tipenya Ausubel gitu. aaaaah bikin frustasi jadinya kalau belajar. dan hasilnya pun seperti yang dibayangkan. karena terlalu banyak menghafal pas ujiannya jadi malah banyak yang lupa.

raaaawr need help sebenernya. tapi sama siapa?

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak