kebodohan

gue inget banget pas hari itu UAS praktikum struktur hewan. di tiap meja udah disiapin beberapa spesimen yang musti kita tebak dari mulai organ yang ditunjuk plus fungsinya, jenis strukturnya, bahkan sampe tebak-tebakan jenis kelamin. tepat di soal nomor berapa gitu gue juga lupa, ada seekor ikan mas yang udah dibedah, saat itu pertanyaannya "Organ apakah yang ditunjuk?" (si jarum pentulnya nunjuk ke salah satu organ lembek warna pink keputihan dibawah insang. waktu untuk jawabnya ga lebih dari 1 menit.

setengah menit gue cuma bisa diem, ga tau apaan organ yang dimaksud. mau jawab gonad, setau gue posisi gonad ga disitu (timbul pikiran kalo organ ikan mas ini posisinya udah di random sama asprak dan udah dicampur sama zat pewarna pakaian *emang reportase investigasi) dan warnanya putih bersih gitu, mau jawab ginjal warnanya ga sesweet itu. bingung. sementara masih ada 2 pertanyaan anak yang lain. tiba-tiba gue dapet ilham, yak mungkin paru-paru. posisinya pas di dekat insang dan warnanya kemerahan gitu. dengan PDnya gue langsung isi "paru-paru" dan segera jawab 2 pertanyaan anak yang lainnya.

setelah ujian selesai gue baru ngeh, betapa bodohnya gue. sumpriiit!!! mana ada ikan yang punya paru-paru. udah jelas-jelas dia punya insang mana ada paru-paru. kampret emang *ala Raditya Dika. yaudah lah gue cuma bisa pasrah, semoga salahnya cuma nomor yang itu. kesalahan fatal emang. beratus-ratus jam gue belajar biologi sangat paham kalau ikan itu bernapas dengan insang BUKAN DENGAN PARU-PARU aah yasudahlah...

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak