Okei...sekarang saya mau bercerita sedikit tentang pelajaran teraneh versi saya (heu).
KIMIA~~atau inggrisnya mah CHEMISTRY~~
Entah apa yang terjadi dengan kimia saya selama 3 tahun di SMA. Yah, saya akuin mungkin memang konsepnya belum mantep atau mungkin belum dapet.
Kesuksesan saya di kimia hanya terjadi saat kelas 1 SMA. Itu pun karena memang materinya masih sangat dasar dan cetek. Tapi begitu naik kelas 2 (jeeeeeeenggg)
BLAH
Kimia saya bener2 hancur. Dua kali di rapot dengan nilai gak pernah lebih dari 80.
Padahal sih kalo dipikir-pikir guru kimia SMA saya itu udah mau S3 dan ngajarnya enak banget. Malah beliau pernah ngajar di 5. Tapi kenapa nilai saya malah kaya gitu?
Sebenernya hal terpenting agar kita dapat menguasai suatu materi itu adalah KONSEP. Asal konsep dasar--yang paling mendasarnya itu bener, mau diapain soalnya pun pasti bakal bisa ngerjain.
Tapi masalahnya, setiap saya ngerjain kimia itu, saya selalu bisa. Tapi ternyata hasilnya tetep aja pas-pasan atau bahkan remedial.
Saat guru kimia ngejelasin pun, saya sangat paham dan konsep itupun udah ada di lobus parietal. Tapi pada kenyataannya lagi nilai kimia saya belum pernah dapat 90 keatas.
Saya heran dengan Haroki, Rj, Septi---tim olimpiade kimia di sekolah saya. Mereka tuh belajar kimianya kaya gimana sih? Mungkin karena mereka suka---ehhh siapa bilang saya gak suka kimia?
I like chemistry...bahkan saya pernah kepikiran untuk bisa kuliah di jurusan teknik.kimia dan farmasi. Terus kenapa atuh nilai kimia saya harus mendodol seperti itu?
Jawabannya ternyata satu
KETELITIAN
Sejauh ini kesalahan terbesar saya saat mengerjakan kimia bukan karena kedodolan saya dalam konsep tapi dalam ketelitian. Banyak banget soal yang lapur gitu aja gara2 saya salah itung atau seperti contoh saat bab sifat koligatf larutan-pada saat penghitungan larutan elektrolitnya saya sering lupa mengalikan dengan faktor i-nya.
Hal sepele memang, tapi dalam kimia bisa berarti besar.

Fiuh...dan kemaren malem saya coba buka-buka soal tentang larutan [mulai dari buffer, hidrolisis, asam basa, sampe koligatif], saya kerjain soal2 SPMB nya. Dan hasilnya...SUKSES!
Saya bisa mengerjakan soal2 itu dengan signifikansi 10%. Ahay, suatu pencapaian luar biasa menurut saya.
Intinya sih, disamping harus kuasain konsep, ketelitian itu sangat dianjurkan dalam kesuksesan nilai kimia.
Intinya lagi...
Harus sering2 ngerjain soal!

hhaa...ini hanya curhatan pelajar SMA kelas 3 yang ngerasa aneh dengan realita kehidupan kimianya [blahblahblah]

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

Literally a basic manner?