#DAY7 Five Pet Peeves

Ini ya awalnya gak ngerti maksudnya pet peeves tuh apa. Pet artinya hewan peliharaan, terus peeves tuh menjengkelkan. Kalau disatuin berarti hewan peliharaan yang menjengkelkan. Tapi kok asa teu kudu gitu bikin challenge begitu. Eh pas searching enggak taunya pet peeves tuh idiom yang artinya something annoys you meskipun mungkin bagi orang lain hal itu biasa aja. Intinya annoying sih.
  1. Pelayan kafe, toko, pelayanan administrasi sekolah, kampus, kantor yang jutek. Ini ya sumpah nyebelin banget, misalnya mereka melayani enggak pake senyum, semaunya gitu, terus gak bilang makasih. Maunya apa kan orang begitu? Padahal harusnya tau konsekuensi dong kerjaannya sebagai pelayan publik ya berarti harus bisa melayani dengan baik. Pembeli juga gak akan semena-mena kalo memang pelayanan kafe atau tokonya baik. Kita pun yang butuh jasa mereka akan sopan kalo merekanya pun ramah. Meski mungkin kondis Kenyataanya urusan kerjaan gak bisa dihubungkan dengan mood, pms, atau masalah pribadi lain.
  2. Pelayan toko yang suka ngebuntutin calon pembeli. Awalnya mereka nanya, “Mau cari apa mbak?” Kita jawab, “Mau liat-liat aja dulu mbak.” Abis itu mereka langsung ngikutin kemanapun kaki kita melangkah di toko itu. Oke mungkin ini salah satu tugas mereka untuk siap siaga kalau pembeli sewaktu-waktu butuh bantuan. Tapi menurutku enggak harus seintense itu juga. Jadinya malah gak bebas dan risih. Mending sih kalau mereka ngebuntutinnya sopan dan ramah banget. Nah ini ada lho yang ngebuntutin jutek pula. Bikin gak betah lama-lama di toko kan jadinya atau bahkan gak jadi beli barang apapun.
  3. Smoker! Terus ngerokoknya di angkot. Ah sukses bikin bete. Ya intinya sih smoker siapapun itu dan dimanapun selalu bikin kesel. Merokok tuh bagi saya gak ada bagus-bagusnya, sedikitpun. Buat apa bisa nenangin pikiran tapi justru ngabisin duit, ngerusak kesehatan, dan bikin gak nyaman sekitar? Ya ini emang udah kecanduan, tapi udah tau merokok itu bikin nagih kenapa dicoba? Gak habis pikir sama cowok atau cewek yang perokok. Ko mereka nyaman gitu dengan asap rokok yang justru bagi saya sering bikin kepala pusing.
  4. Pemuda nongkrong pinggir jalan yang suka goda-godain perempuan lewat. Ini ya hari gini pemuda masih nongkrong-nongkrong pinggir jalan? Ya Tuhan mau jadi apa Indonesia ke depannya? Miris banget liatnya. Apalagi sambil ngegoda-godain pejalan kaki. Nyebelin gak sih? Kalo udah kaya gitu kan malah bikin mereka dianggap rendahan aja. Kenyataan mungkin mereka enggak ada tempat untuk berkreasi, gak ada orang yang mengingatkan, atau bahkan simply karena mereka gak punya self-motivating untuk maju karena rendahnya kualitas pendidikan yang mereka terima. Kalau udah bicara kaya gitu, makin kompleks. Gak ada yang mau tanggung jawab dan populasi anak-anak nongkrong gadag pun akhinya makin lama makin bertambah.
  5. Buang sampah sembarangan. Duh ini juga gak kalah nyebelin. Apa susahnya sih ya sampahnya di simpan dulu gitu di tas atau dipegang dulu sampai nemu tempat sampah. Jangan seenaknya dibuang. Oke mungkin kita gak akan kena dampaknya langsung dari sekadar buang 1 atau 2 sampah tapi it will grow up as your habit gitu yang bakal bikin hancur lingkungan ke depannya kalo enggak dibiasakan untuk disiplin. Kalo lingkungan kita udah banjir, atau wabah penyakit dimana-mana baru deh pada protes, padahal kan kita sendiri yang seenaknya sama lingkungan. Ngeselin ya?
Yaa sebenernya masih banyak sih pet peeves lainnya, yang sebenernya sepele tapi sering bikin mood rusak juga. Tapi intinya disini, kalo kita ngerasa annoyed by them jangan pernah ngelakuin hal itu ke orang lain (meskipun mungkin bagi orang itu enggak annoying sama sekali pun) atau jangan pernah ngelakuin hal itu aja. Kalau enggak dimulai dari diri kita sendiri gimana mau mulai untuk orang lain?

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak