75 months

Hari ini resmi mengganti my blogspot header title from Senandung Bisu to Hello Caca!. Saya lakukan juga penambahan page About serta (terpaksa) meremove link tumblr karena alasan tertentu. Hahaha sebenarnya enggak ada maksud apa-apa sih hanya ingin sesuatu yang fresh saja supaya visual blog saya ini enggak monoton. Akhirnya karena mengganti beberapa elemen layout di blog ini, mau tidak mau mereset previous customize-nya. Terus iseng-iseng baca draft yang (akhirnya) tidak jadi dipost karena dirasa tidak layak dibaca khalayak ramai. Saya pun memutuskan untuk menghapusnya saja daripada memenuhi draft tanpa ada yang membacanya. Lalu mengintip archives box dari Maret 2009. Semuanya 518 post. Banyak juga ya hihihi hobi banget sih ca ngegalau di blog? Tersadarlah berarti sudah hampir 7 tahun punya blog dan alhamdulillah enggak pernah berhenti nulis dan enggak pernah ada yang dihapus apapun bentuk postingannya (kecuali yang akhirnya direverse jadi draft lagi dan kali ini ujung-ujungnya dihapus juga). Sejak 2009 itu, bisa terlihat sekali bagaimana perjalanan hidup saya dari sejak SMA, kuliah, hingga sekarang. Dari mulai galau akademik, galau cinta, hingga sekarang galau karir dan rumah tangga.

Spesial di edisi 75 bulan ini (berasa pacaran), saya ingin bercerita tentang blog ini ya hehe ini karena lagi gabut nih malam-malam. Challenge udah dipost, tapi ternyata belum mengantuk. Oke jadi begini, awal saya membuat blog ini itu sekitar Maret 2009. Saat saya kelas XI SMA. Kenapa bikin blog? Pada dasarnya saya memang suka menulis (ya i mean ngetik yang menghasilkan suatu bacaan gitu), terus dulu sering merasa kesepian di asrama sementara enggak punya waktu untuk nulis-nulis diary. Alhasil karena termotivasi oleh teman-teman di Bandung dimana mereka punya blog pribadi akhirnya punya inisiatif bikin juga deh. Bodo amat saat itu enggak ada temen sekolah yang sama-sama punya blog juga. Yang penting punya media untuk curhat kehidupan super menyesakkan di sekolah asrama. 

Seiring berjalannya waktu, lama-lama akhirnya teman-teman sekolah tau kalau saya punya blog, dan entah ilham darimana beberapa teman-teman saya itupun akhirnya ikut-ikutan bikin blog. Alhasil blog jadi sesuatu yang tren di sekolah hahaha hampir semuanya bikin akun blogspot, rajin blogwalking, saling follow, hingga sempat-sempatnya meninggalkan komen gak jelas di post seseorang. Lucunya dulu ada apps di blog yang namanya Cbox. Jadi itu tuh apps chat yang bisa dipakai kalau kita malas leave comment sehabis blogwalking. Lucunya lagi kadang kita suka sok-sokan anonim untuk ngasih apresiasi atau kritik yang jadinya bikin user blog penasaran sendiri. Sadly, ketenaran blogspot enggak lama. Sejak kelas XII, dimana kesibukan bertambah, sibuk persiapan UN dan tes PTN pun akhirnya membuat hanya beberapa orang dari teman saja yang masih aktif blogging. Blog lama-kelamaan jadi enggak seru. Ditambah lagi dengan adanya twitter dan facebook dan keseruan didalamnya, membuat blogspot makin enggak dilirik dan ditinggalkan. Saat itu, saya pun merasa agak bosan dengan blogspot dan cukup teralihkan pada facebook, twitter, juga tumblr. Namun saat itu, saya tetap mempertahankan untuk aktif blogging karena memang suka dan tau kalau ada teman-teman yang ternyata masih menjadi jadi silent reader blog saya (smirk).

Memasuki era kuliah, facebook and twitter still in the top of highlighted social media. Tapi bagi saya yang sangat suka curhat, kenyataannya blogspot memang tidak tergantikan. Curhat di tumblr atau fb atau twitter sangat mudah diakses dengan makin bertambahnya follower yang enggak bisa kita cegah. Sementara itu, blogspot (dengan kejadulannya) tetap memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat sebuah cerita yang out of nowhere, out of mainstream. Akhirnya sepanjang kuliah saya tetap menjaga blogspot ini sebagai tempat ternyaman untuk menumpahkan segala rasa, pengalaman hidup, dan ide-ide. 

Dari tahun ke tahun banyak perubahan yang saya lakukan di blog ini, namun satu hal yang tidak pernah berubah sejak 2009 itu adalah alamat url-nya. Tetap sepotongcokelat.blogspot.com, if you search my very first post there was a reason why i used to named it that way. Dibalik beberapa perubahan dari layout, konten, post, alamat url saya pertahankan agar blog ini tetap eksis sejak 2009 hingga tak terhingga, hingga saatnya (mungkin) saya memutuskan untuk deactivation (i wish i would not). Semoga blog ini tetap bisa aktif hingga bisa menjadi suatu dokumentasi perjalanan hidup saya yang mungkin suatu hari nanti bisa bermanfaat untuk siapapun yang membacanya. Kita enggak ada yang pernah tau era digital ini bisa bertahan berapa lama lagi. Namun yang pasti bagaimanapun kondisi era ke depan, semoga dengan adanya bentuk dokumentasi digital seperti ini semua pengalaman hidup seseorang dapat tersimpan dengan rapi dan menjadi hal berharga untuk dikenang. 

Untuk semua orang dan cerita yang sudah, sedang, bahkan akan saya tulis di blog ini, terimakasih atas semuanya ya. Yakin suatu saat nanti cerita kita akan indah untuk dibaca kembali. 

Selamat 75 bulan, sepotongcokelat.blogspot.com-ku!

Comments

  1. Ciee udah 6 tahun lebih nge blog.. Keren ca! Lanjutkan! :D
    Gue ga pernah ngitungin udah berapa lama nulis. Hahaha

    ReplyDelete
  2. Hehehe itu juga taunya karena liat archives blognya, Tee! Untung enggak pernah ganti-ganti blog. Yoo lanjutkan juga hobi nulisnya ya, Te! Percaya deh nulis blog itu keren, anti mainstream, bikin kreatif, disaat anak muda lain cenderung lebih pasif dengan path atau ig nya. Haha.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak