no longer as a Path user

akhirnya hari ini resmi uninstal media sosial path di ponsel dan tab, setelah sebelumnya sudah uninstal aplikasi bbm, serta facebook dan twitter mobile. instagram dan media chat lainnya (line dan whatsapp) saya pertahankan karena setidaknya ketiga medsos itu masih lebih banyak memberikan manfaat. yang jelas kenapa akhirnya saya memilih uninstal path, fb, twitter, dan bbm di semua gadjet itu bukannya tanpa alasan. 

dari dulu sampai sekarang sebenarnya saya tipe orang yang memiliki hampir semua media sosial (kecuali friendster). saya punya akun facebook, twitter, tumblr, instagram, path, line, whatsapp, blogspot, pinterest, waze, sampai ke aplikasi nike running pun punya. meskipun sebenarnya dari semua akun yang dibuat tersebut, saya termasuk orang-orang yang telat gaul. terutama untuk aplikasi yang cuma bisa diinstal di smartphone, belum genap dari setahun saya memilikinya (maklum karena smartphonenya baru bisa kebeli di tingkat tiga kuliah). faktanya lagi, saya termasuk pengguna aktif dari semua medsos itu. kebayang kan gimana sosialitanya saya? ngapain aja update status, mention seseorang dari mulai hal penting sampe enggak penting, kemana-mana check in, nyampe kosan upload fotonya hahaha tapi lama kelamaan ternyata mulai jenuh dengan facebook dan twitter sejak setahun belakangan semenjak datangnya path, instagram, dan smartphone apps lainnya. akhirnya jadi gak pernah update status di facebook lagi, meskipun masih sering dibuka (itupun lewat pc), itupun cuma cek notif, liat info di grup, atau like-like iseng beberapa postingan, selebihnya enggak pernah ngapa-ngapain lagi. update status dan upload foto udah enggak pernah (bahkan beberapa album foto udah dihapus). bahkan lagi dulu sempet tersirat mau menghapus akun tapi gak jadi karena ternyata masih banyak info-info penting yang sesekali di update di beberapa grup. 

twitter masih lumayan lah suka dipake, meskipun sekarang cuma lewat pc dan paling banyak hanya 10 status dalam 1 bulan, itupun sudah ditambah iseng-iseng reply status orang atau retweet tweet orang lain. jarang banget kalo harus update status sendiri (karena sekarang lebih seneng di line yang bisa ditambah sticker-sticker lucu dan privatisasinya lebih terjaga). twitter masih sesekali dibuka sih biasanya untuk nanya-nanya informasi ke sumbernya langsung, selebihnya udah gak pernah ngapai-ngapain lagi. tadinya nyempetin sih scrolling2 gitu tapi dipikir-pikir kaya orang bego gitu bacain status orang. akhirnya twitter pun resmi di uninstal dari ponsel meskipun masih di keep di tab untuk kebutuhan menanyakan sesuatu yang gak bisa melalui no telepon.

bbm pun resmi diuninstal karena kontaknya belum banyak, seringnya delay, dan bikin kerja ponsel jadi lemot karena mengambil ram dan space internal memory yang besar. toh kenyataannya kontak di bbm, line, whatsapp sama aja. ngapain punya tiga chatting media kalo kontaknya itu-itu aja? line sepertinya akan selalu dipertahankan karena berhasil menarik perhatian dengan sticker dan tema lucunya, ada timeline juga, dan ada beberapa grup penting.  begitu pun whatsapp akan dipertahankan sebagai pengirim chat tercepat (with no failed message), dengan banyak emoticon, serta sebagai pengirim gambar, video, voice note dengan kualitas terbaik.

dan yang terakhir di uninstal adalah path. sejak awal punya ponsel android emang gak berniat untuk punya akun path, asa enggak ngerti dengan path, ribet gitu sih ada check in, upload foto, lagu, dan film, waktu dan tempat saat wake up atau sleep etc. mikirnya mending pake twitter aja toh sama aja fungsinya. dulu inget banget sebenernya udah instal path, terus bikin akun, tapi gak ngerti kaya gimana pakenya. akhirnya didiemin aja deh akunnya. tapi akhirnya pas kumpul temen KKN, saya cerita enggak punya path karena enggak ngerti. akhirnya dengan senang hati, Intano mau ngajarin (biar bisa mention saya gitu katanya). terus pas di kosan di otak-atik sendiri deh pathnya sampe akhirnya bisa punya temen dan terus nambah dan sekarang sampe dapet feelnya. setelah feelnya dapet, semakin serulah main path. berasa orang gaul kalau bisa check in, terus upload foto sama temen ditag satu-satu, terus dapet love, laugh, frown, smile, atau gasp. tapi lama-kelamaan, udah males juga update-update. jadi akhirnya cuma sesekali aja update gambar dan lagu. selebihnya jadi silent reader dan spam sticker ke updatetan orang lain. 

sampai akhirnya beberapa hari lalu ngobrol dengan sepupu lebih tua satu tahun. dia punya smartphone terbaru tapi pas ditanya masalah instagram dan path, dia bilang gak punya keduanya. pas ditanya kenapa. alasannya simpel, ngapain sih hidup dibawa ribet. toh lebih asyik orang-orang gatau kita ngapain. ngapain lagi makan dikasih tau tempatnya dan foto makanannya juga, lagi belanja dikasih tau, lagi di terminal dikasih tau, lagi olahraga dikasih tau, situ siapa sih? artis? katanya. padahal kalau mau makan, ya makan aja. mau belanja, ya belanja aja. kaya anak kecil aja dibilang-bilang demi perhatian. jujur deh upload begituan karena ingin orang lain tau kan? apalagi kalau bukan untuk cari perhatian? katanya juga. pas sehabis ngobrol itu akhirnya fiks untuk uninstal path. sebenernya udah dari lama pengen lepas dari path, serasa males gitu liat orang pamer-pamer kegiatannya yang kalau dipikir-pikir enggak jelas juga untuk apa (termasuk saya juga sih -ya meskipun kita gak niat pamer, tapi kalo di share di medsos apa namanya bukan pamer?). cuma saat itu tetep mertahanin path karena kadang suka dapet inspirasi tempat asyik dan guyonan seger, atau sekadar tau kabar teman lama. unfortunatelly makin kesini, isi path jadi lebih banyak unsur pamernya, orang semakin banyak show off masalah kesuksesan akademik dan hedonisme yang takutnya justru akan lebih banyak menimbulkan ketidaknyamanan. jadi daripada lebih lama bertahan dan justru nantinya akan lebih susah lepas karena udah addict, terlebih sekarang momentnya juga pas mau fokus skripsi biar gak scrolling2 medsos mulu. akhirnya path pun resmi di uninstal, yang ditanggapi positif dan negatif oleh beberapa temen.

sedangkan instagram, hmmm masih dipertahankan. seenggaknya di ig cuma upload gambar dan gak berlebihan kaya path jadi masih bisalah dipake untuk refreshing. lagian gamau juga tiba-tiba ilang di semua sosial media sedangkan saya bukan tipe orang yang seintrovert itu. tapi liat aja ntar kalo emang ig udah mulai nyebelin seperti path, mungkin akan diuninstal juga haha.

daaaan yk, fyi, baru beberapa jam gak liat path, nothing different ko. malah justru hidup jadi lebih tenang, gak kepikiran ini itu. jadinya fokus ke diri sendiri aja. meskipun pas abis buka ig terus tangan udah refleks ngeklik tempat path padahal pathnya udah gak ada hahaha. tapi overall asyik-asyik aja gak buka path. disini saya enggak bermaksud untuk menyudutkan pihak-pihak yang sampe sekarang masih pakai path, twitter, facebook secara aktif ya. dulupun saya begitu. semuanya akan ada waktunya,  saat dimana kamu pun akan berpikir bahwa media sosial itu tidak memberi banyak manfaat, atau mungkin saat kamu memang belum ngerasa bosan dengan mereka makanya masih seneng-seneng aja bermain dengan mereka. ya mungkin, pihak-pihak itu belum merasa bahwa aktif di dunia maya cuma buang-buang waktu tapi di dunia nyatanya enggak seeksis itu. atau yang lebih mirisnya lagi ternyata intensitas beribadah kita malah lebih sedikit dibandingkan dengan intensitas kita bermain dengan sosial media. 

toh saya berpikir, saya sudah cukup dewasa untuk tau prioritas dari hidup saya sendiri. ngapain juga aktif di media sosial padahal saya belum jadi pengusaha, artis, politikus, atau orang-orang yang memang bekerja di bidang yang sangat terpengaruh oleh media sosial. harus juga dilatih dari sekarang untuk gak terlalu bergantung dengan media sosial. dilatih juga untuk gak pamer, takutnya jadi riya. dilatih juga untuk jadi ibu yang nanti akan lebih bertanggungjawab ngurus anak bukannya malah aktif fotoin anaknya dan bikin status perkembangan anak lalu diupload ke media sosial. intinya sih sedang melatih diri sendiri untuk jadi diri yang apa adanya. 

kalau kata Ariana Grande, but somethings are better left unsaid. kenyataannya lebih asyik nulis di blogspot, bisa sepanjang-panjangnya tapi jarang ada orang yang ngeh dan baca.

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak