dahsyatnya kekuatan 'love' 'like' 'sticker'

untuk orang-orang pemakai aktif instagram, path, dan timeline line pasti sudah tau apa maksud dari love, like, sticker. ya love, like, sticker itu emoticon di media sosial tadi yang sama artinya dengan comment kalau di blogspot. jadi intinya kalau ada yang love/like/comment di foto, moment, atau status kita berarti ya postingan itu jadi perhatian orang haha ada achievement tersendiri sih kalau postingan kita ada yang nge-love/like/comment sticker. ya meskipun yang love/like itu gak sampai ribuan hahaa paling banyak pun 30 likes lah ya tapi bikin seneng dan kepuasan tersendiri berarti ada orang yang menyukai moment-moment kita.

berawal dari love/like/comment sticker. saya punya teman namanya Obe. nih orang sering banget ngasih impression ke postingan siapapun termasuk ke postingan saya. saya check in makan bareng sama temen kuliah pun (padahal Obe gak kenal temen-temen saya) eh dia kasih 'love' kalau aja Obe belum punya pacar atau saya gak kenal Obe pasti langsung kegeeran kan ini ko semua moment di love terus sama Obe. terus akhirnya saya cerita sama adik tentang Obe yang sering banget ngelike, ngelove, atau comment sticker timeline line. bukannya gak suka sih cuma aneh aja gitu. spammingnya bagus. hahaha. terus adik jawabnya begini, "Itu tuh ya teh biar postingannya dia banyak yang like juga. jadi dia ngelike juga postingan orang."

denger jawaban adik skeptis sih iya gitu begitu. bakal ada timbal balik? terus akhirnya meneliti lah, pernah suatu hari yang sama Obe posting foto mamanya lagi ultah di path. banyak banget yang ngasih love dan di hari yang sama saya juga posting foto kakak yang ultah dan yang ngelove gak sebanyak untuk postingan Obe. oke entah ini karena perbedaan jumlah follower atau emang karena postingannya lebih sweet dari anak ke ibu dibanding adik ke kakak jadi interest-catchingnya juga beda. dan gak cuma aja, setiap postingan Obe apapun itu selalu banyak yang kasih impression apapun itu. akhirnya deep thinking! (buat gini aja harus deep thinking ca...ca...) ya tapi penasaran aja emang bener gitu ada timbal balik kaya teori yang adik bilang. iya sih kerasa aja termasuk orang yang pelit ngasih impression ke postingan orang, pilih pilih banget cuma foto bagus aja yang bakal di love/like, meskipun kenal orangnya kalau emang fotonya gak bagus gak akan di love/like. soalnya dulu sempet berpikir karena postingan gue aja dikit love/like ah biar orang juga gak dapet banyak love yaudah jangan di  love wakakakaka karena kan berpikir acknowledging seseorang itu bisa diliat dari love/like/comment (ide liciknya keluar biar orang gak keliatan tenarnya. karena postingan sendiri kere love/like).

tapi bener rumus 'we won't become a poor by giving'. dulu ngakuin sih pelit banget ngasih love/like, jadi postingan sendiri juga miskin love/like kali ya. terbukti ko Obe yang sering ngasih love-like ke postingan orang nerima juga banyak love-like. padahal followernya gak terlalu banyak. kerasa lho karena Obe sering ngasih love/like/comment sticker ke postingan saya, pas dia posting sesuatu ada rasa 'ih Obe juga suka ngasih love/like masa gue enggak?' akhirnya dikasih deh love/likenya hahaha entah ya Obe emang berniat kaya gitu atau enggak tapi ya kata adik ternyata begitu ada teorinya. terbuksti ada juga temen yang followernya udah 300 bahkan 400 tapi liker atau lovernya gak nyampe 20 orang karena emang dia pun jarang ngelike atau love orang lain (as i see).

dan akhirnya challenge accepted! mau nyobain teori timbal balik itu. baru beberapa hari ini ngebiasain ngelove atau ngelike postingan orang meskipun fotonya biasa aja yang penting moment di foto itu menyenangkan untuk diliat. emang sih belum seekstrim serangan love/like/comment sticker Obe hahaha eits ini tapi ikhlas ko ngasih love/like-nya bukan karena terpaksa karena ingin dapet love/like sebaliknya. ya cuma ingin ngeganti paradigma dan merubah sikap aja ternyata dengan love/like itu bisa jadi pemanis silaturahmi. pernah kan berpikir kaya gini, 'wih dia ngelike foto gue, padahal kita cuma temen SD'

iya ini cuma masalah love/like/comment sticker line yang sangat gak penting untuk kalian tapi rasakan sendiri dahsyatnya. meskipun cuma media sosial yang saling berbagi love atau like ini bisa jadi media silaturahmi yang dahsyat juga. ngasih tau kalau keadaan kita baik-baik aja, memastikan keadaan mereka baik-baik saja, dan ikut senang dengan moment mereka.

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak