2013, the year of contemplation
Tidak banyak yang diingat apa yang terjadi di tahun 2013, di 356 setiap harinya. Namun tentu senang, sedih, kecewa, harap tentu selalu ada mengiringi tiap langkah di 2013. Dimulai dengan ulangtahun ke 21 yang penuh surprise dan semangat karena umur pertama untuk melebihi 20 tahun. Di umur yang seharusnya kata mama ‘udah gak boleh nangis’ tapi kenyataannya masih saja.

Kemudian memasuki semester 6 dengan tetap sibuk and was being so careless about health and emotional, sok sibuk sana-sini, ngurusin orang lain tapi diri sendiri gak diurus, IP turun dan pikiran kemana-mana tapi Allah memang Maha Penyayang, semester 6 went so good literally, satu semester tanpa sakit Alhamdulillah padahal kegiatan segudang. Semuanya terobati karena Kuliah Lapangan Ekologi ke Taman Nasional Baluran di Jawa Timur. Trully feeling blessed to have being there. Nikmat luar biasa untuk bisa kesana, melihat keagungan Allah untuk menciptakan ekosistem yang berbeda-beda padahal masih berada di satu daerah taman nasional. Pertama kalinya tinggal bersamaan dengan burung merak dan kera. Belum lagi perjalanan savana di malam hari melihat berbagai hewan malam dan membelah langit malam layaknya perjalanan di Afrika. Salah satu moment berharga di tahun 2013.

Then, my first project! MDGs project! Meskipun tidak terlalu involve karena berbenturan dengan kulap, ujian akhir, dan KKN tapi tetap merasakan how living in diversity does exist. Pertama kalinya gaul bareng bule, full with english and manage the attitude for being an IndonesianGorgeous!

Dilanjut dengan KKN di Desa Cikuya, Cicalengka. Dengan segala suudzon diawal karena rasa malas luar biasa tapi ternyata KKN berhasil jadi precious moment. Tinggal selama 40 hari dengan teman-teman baru dari berbagai jurusan, bergaul dengan orang desa, yang generally adalah orang-orang yang lebih tua dari kita. Meskipun kadang konflik gak bisa dihindari tapi mostly of that 40 days was so happy and great. Dan yang gak dipercaya, sampai sekarang kita masih sering main bersama bahkan lebih dari sekedar ‘teman KKN’. We’re familyYeah indeed!

Setelah KKN got a long of holiday yang sebelumnya gak pernah didapat selama kuliah di UPI. Sebulan booooook liburannya tapi ya begitu akhirnya liburan dipakai untuk perawatan kulit muka yang menghabiskan jutaan karena harus bolak balik dr. Tohar, Sp.KK haha (skipthis)

Masuk semester 7, banyak sekali perubahan dari mulai jumlah SKS yang menipis, dan emosional juga. Mulai stress dengan banyaknya tuntutan sana-sini dari mulai padatnya jadwal organisasi karena take 2 roles dan masih harus mengawasi kegiatan himpunan, deadline proposal skripsi padahal judul aja belum kepikiran, deadline tugas-tugas kuliah yang meskipun gak banyak tapi sangat berbobot dan gabisa dikerjakan kebut semalam.

So that of being careless lagi, stres dimana-mana, gak paham bahwa badan dan pikiran yang sehat adalah nikmat luar biasa dan yang paling dibutuhkan kalau lagi hectic dimana-mana. Akhirnya di awal November mulai drop (penumpukan beban fisik dan mental sebelum-belumnya akhirnya drop). Radang di hidung yang bikin was-was karena takutnya si bakteri berkembang cepat ke atas (bagian otak) bukan ke bawah (hidung) (ilmu biologi yang saya pelajari emang gak pernah ada yang tau dengan perkembangbiakan bakteri, dia bisa tumbuh dimana aja), keluarga bener-bener shock dan khawatir. Akhirnya di bulan November dan Desember sempat bolak-balik rumah untuk berobat dan istirahat. Bolak-balik dokter THT tapi gak ada perubahan, sempet cape berobat dan gak ada semangat untuk minum obat sampai akhirnya gak lagi check up dokter dan pindah ke herbal (now is still ongoing, semoga gak memparah amin). Kuliah sedikit terabaikan, organisasi apalagi udah ditinggal aja. Sedih luar biasa karena disaat harus semangat dan fokus untuk menyelesaikan kuliah, akhirnya fokusnya harus terbagi dan membuat keduanya jadi kurang cepat terobati.

Dan begitulah di 2013, ada banyak wishlist yang tercoret bahagia dan ujian di akhir tahun benar-benar menjadi satu kontemplasi untuk menyambut 2014. Semangat untuk toga 2014 ya, Ca!

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak