bro

dari dulu suka gak terima kalau dibanding-bandingin sama kakak. cuma satu sih tapi dia selalu bikin gue skak mat di depan mama dalam hal apapun. sempet benci tapi benci-benci sayang gitu. gak panas apa dibanding-bandingin sama saudara sendiri. terus mulai mikir duuuh enak banget ya jadi kakak selalu dipuji, dibangga-banggain dimana-mana apalagi di rumah, jadi anak kesayangan mama bapak aja. bapak juga kalau dikasih masukan sama kita-kita gak pernah nurut eh pas dikasih tau sama kakak aja langsung nurut. waktu itu pernah bapak harus diklat kepala sekolah dengan background sains gitu di Hotel Grand Preanger Bandung, tadinya udah niat banget bawa mobil sendiri. terus gue bilang kenapa harus bawa mobil sendiri? bikin cape aja. mending naik kereta kan toh dari stasiun bandung ke hotel gak terlalu jauh. bapak gak denger dan tetep mau bawa mobil aja eh siangnya kakak dateng dari Jakarta langsung ngasih tau bapak mending naik kereta aja biar bapaknya gak usah cape. apa yang terjadi bapak nurut!

HAH. dan ini udah jadi tradisi. berasa jadi kakak yang punya keputusan gitu. inget setahun yang lalu pas mau beli mobil baru. bapak sama mama keukeuh pengen mobil second aja karena pengen kijang kapsul (kijang kapsul udah gak diproduksi lagi soalnya), gue udah ngasih tau tanggung beli mobil second. mobil yang pertama juga mobil second masa mau mobil second lagi? gak denger. eh pas kakak aja yang bilang langsung nurut, besoknya langsung pesen mobil baru.

gak abis pikir sebenernya kakak punya apa sih sampe ortu segitunya sama dia. oke emang dia lebih segala-galanya dari gue. mama aja pernah terus terang sama gue. harus contoh kakak. gak pernah minta yang macem-macem, selalu nurut. BAH. jadinya gue agak gimana gitu ya digituin. apa-apa dibandingin, gak pernah ngehargain prestasi yang gue dapet karena selalu dibanding-bandingin, di kasih excuse sana sini. nasib ya jadi anak kedua. kalo kakak pulang ke rumah selalu di kasih best service gitu, tapi kalo gue biasa aja. kalo kata adek gue sih, apa-apa buat aa! keliatan banget mama banggaaaaaaaa banget sama kakak. anak mama yang kasep bangeur. selalu dipanggil-panggil gitu. gue gak pernah.

tapi beberapa hari yang lalu, gue ngobrol heart to heart sama Rifka di kantin kampus. dia cerita banyak tentang studi Postgraduate-nya di Jerman. dan yang bikin jleb itu saat dia bilang, "Aku anak pertama Ca, berat juga bebannya, harus ngasih yang terbaik ke keluarga, contoh yang baik ke adek-adek. ibaratnya kan anak pertama itu pembuka kesuksesan buat adik-adiknya."

terus dia cerita dia ngerasa gak enak sama adik-adiknya karena orangtuanya selalu banding-bandingin gitu. nah kan orangtua ya sama aja! dan selalu deh anak pertama yang dapet yang baik-baiknya. tapi bagusnya, Rifka bisa ambil itu dari sudut pandang yang berbeda dari gue. dia mikir kenapa orangtua kaya gitu karena itu untuk ngasih motivasi aja. manas-manasin anak kedua, dan mupuk-mupukin semangat ke anak pertama. gak ada maksud untuk jatuhin anak kedua ko katanya. iya sih gue yakin ortu mana yang tega ngejatuhin anak pertama. terus dia bilang gini, "Gak enak tau dibanding-bandingin meskipun aku selalu dapet yang baik-baiknya, jadi gap tersendiri sama adik kan. tapi ya gimana lagi, yang bisa dilakuin anak pertama cuma berbuat sebaik mungkin biar jadi contoh yang baik."

gue hampir mau nangis denger curhatan Rifka. gitu juga apa ya yang dirasain kakak. kalo mau flashback sih emang kakak sendiri gak pernah ngebangga-banggain dirinya. gak pernah bilang, "Awas lho lulus S1 jangan kelamaan, aa aja bisa 4 tahun." GAK PERNAH. pernahnya juga bilang gini, "Semangat, biologi mah gampang lah bisa kok 4 tahun." waktu pas SNMPTN juga, mama bilang gini, "Aa aja bisa masuk Unpad. kamu juga ya." tapi kakak sendiri gak pernah bilang gitu, dia bilangnya gini, "Hati-hati pas ngerjain soalnya, yakinlah bisa tembus."

jadi sebenernya emang bener ya kata yang Rifka bilang. ya gitu. gak ada maksud jelek dari diskriminasi keluarga itu asal kita bisa mandangnya sepositif mungkin. kesel sih sama mama karena belum juga berubah anaknya udah pada gede juga masih aja dibanding-bandingin. panas mah panas. tapi mungkin itu yang mau mama kasih biar guenya panas terus termotivasi untuk bisa lebih dari kakak. toh selama ini kakak juga baik banget kan. masih inget banget dulu perjuangan nemenin pas gue masih jaman-jaman adaptasi di semester awal kuliah. padahal saat itu kakak lagi tingkat akhir gitu. sibuk skripsi. dia daftarin SNMPTN, daftarin bimbel intensif, yang cariin kosan pas udah fix keterima di UPI. pas guenya udah jadi mahasiswa, pernah ngebela-belain ke kosan untuk ngasih makanan padahal dia harus bimbingan sama dosennya di pascasarjana MIPA Dago. Dago-Setiabudhi lumayan kan. nemenin belanja-belanja kebutuhan, sering ngajakin makan bareng, jemput gue kalo mau ke rumah nenek, sering bawain makanan. dimaksimalin banget deh nemenin guenya meskipun dia tinggal di rumah nenek dan gue di Setiabudhi.

pas dia udah kerja di Jakarta, berasa banget sendiriannya di Bandung. gak pernah ada yang jenguk. awalnya sedih banget (sekarang aja ngetik ini sambil berkaca-kaca). tapi untungnya kakak masih banget perhatian kan dari jauh. as always dia selalu sweet banget sama perempuan, gue pernah dibeliin tas Flashy gitu padahal gue gak pernah bilang ke dia kalau mau tas itu. eh tau-tau udah dibeliin dan ada di rumah. katanya dia, dia pernah liat gue ngetweet foto tas Flashy yang gue mau dan dia baca di timeline. ya mungkin itu kali ya yang bikin kakak disayang banget sama mama karena dia bisa gitu ngungkapin sayangnya dia meskipun gak lewat ucapan.

A, maaf ya sering banget suudzon sama aa. tau ko sekarang emang susah ya jadi anak pertama. panutan adek-adek, harapan orangtua. semangat ya a kerjanya, cepet nikah sama Teh Nanda. i love you to the moon and back!

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak