untuk kampus yang lebih baik

dari dulu sampai sekarang paradigma saya tentang kampus saya gak pernah berubah. sorry to say, i'm not that proud sih sebenernya. it's not about the system, nor education specialization. saya akui kampus saya ini sudah sangat baik dalam hal sistem dan pendidikannya. saya merasa tercukupi dengan kelengkapan buku di perpustakaan, kelengkapan laboratorium, kebun botani dengan beratus-ratus tanaman, isola yang megah, gedung yang nyaman, situasi spiritual kampus yang mendukung juga, padahal SPP gak sampai 1 juta. worth it? banget! oke let's throw another negative thinking. yang katanya rektor korup, kurikulum Indonesia yang belum bener padahal seharusnya kampus saya yang paling tau haha, masih banyak sampah. toh universitas lain juga masih banyak kekurangan di hal tersebut.

tapi dari dulu emang hal paling bikin saya greget itu adalah mahasiswanya, bukannya saya sok gaul, sok ngeksis, sok aktif, sok pinter, tapi yaa let's see kalo kita mahasiswa 'kampus saya' itu agak jauh dari pergaulan. pergaulan disini bukannya gaul-gaul di mall ya, tapi lebih ke pergaulan mahasiswa yang sebenernya. kalo diperhatiin ya, mahasiswanya jarang bikin big event yang sampai diliput televisi. jangan jauh-jauh deh PKM aja. sampe semua dosen jurusan saya pada nyuruh-nyuruh bikin PKM. beda banget sama cerita temen di kampus lain yang dia harus nyeleksi hampir 900 PKM di fakultasnya. itu baru satu fakultas kan gimana univnya? organisasi juga, banyak loh organisasi yang dipunyai sama univ lain tapi di univ ini gak ada, sebut aja TEDx, AIESEC juga di tempat lain udah jadi UKM tapi di univ ini belum. terus waktu itu ada semacam forum leadership untuk mahasiswa gitu, bebas untuk mahasiswa manapun. yang keterima banyak tapi dari univ ini cuma keterima 2 orang. blah. banyak deh hal yang kalo dicompare sama univ lain jauh tertinggal. dan masalah semuanya ini yaa dari mahasiswanya sendiri kan?

oke katanya emang gak boleh compare to another for what we don't have. tapi kan masa univ saya tercinta ini mau gini-gini aja? ayo dong kita gaul. kita kerahkan apa yang bisa kita lakuin. ya mungkin mahasiswa univ saya ini kaya saya semua yaa, malah gak pede sama nama kampus sendiri. padahal kalo bukan kita mahasiswanya yang ngerubah justru itu akan bikin kita gak pede terus. tunjukin ke luar kalo kita bangga dan kita juga bisa seperti mereka. miris sih saya aja males ikut PKM, gak ada trigger untuk bikin big event, suka kurang info untuk forum-forum antar mahasiswa gitu. dan sekarang udah tingkat akhir nyadarnya baru sekarang. kapan univ saya mau berubah?

ck permasalahannya bukan di rektor, dosen, gedung, atau apapun itu, permasalahannya ada di mahasiswanya. sejauh mana mahasiswanya mau mempercantik kampusnya dengan prestasi dan kegiatan positif lainnya biar bisa dilihat sama kampus lain. nama kampus udah baik sebenernya kalo ditambah sama prestasi bakal jauh lebih baik lagi kan? jadi gak ada mahasiswa yang nggak bangga pas keterima di univ ini.

post ini untuk menyambut hari sumpah pemuda, 28 Oktober 2013. pemuda harus semangat untuk membangun bangsa kan? pemuda dulu aja anak kampung pada bisa bikin perubahan, kenapa kita yang katanya anak gaul, ngota, gak bisa?

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak