i'm not a superhuman

setelah kemarin skip kuliah bioteknologi gara-gara dosen ganti jadwal mendadak sedangkan saya masih di rumah, hari ini saya pun kembali skip kuliah. bolos kuliah PPBS (pengembangan praktikum biologi sekolah) di jam ini. PPBS, matkul yang entah kenapa bermasalah dengan saya terus di semester ini. udah berapa kali saya posting kegalauan gara-gara PPBS. dan sekarang terulang lagi. hate this!

gak tau kenapa gak ada semangatnya banget dengan PPBS. padahal saya yakin ilmunya sangat bermanfaat tapi ya Allah kuliahnya itu lhoo bikin males (godaannya ada-ada aja). kuliahnya monoton dan bikin jenuh. atau saya aja kali ya yang berpikir kaya gini? entahlah. yang jelas saya ngerasain jenuh yang luar biasa sama kuliah PPBS. terlalu monoton dari pertemuan pertama gak ada teori dari dosennya, yang ada cuma presentasi dari kita-kita terus. suara dosennya juga kadang gak jelas. ah gitu deh ah, sebenernya gamau nyalahin keadaan cuma buat nutupin malesnya diri ini.

pulang ke rumah kemarin bukannya jadi moodbooster malah jadi moodbreaker gini. gak ngaruh ya wejangan dari mama
harus 4 tahun ya ca kuliahnya, jangan lebih biar SPP-nya juga gak nambah
kalau mau bahagia dunia itu harus mau kerja keras ca
tapi gimanaaaaaaa? temen juga bilang, jangan bolos ca ntar nyesel. gak ngaruh deh tuh wejangannya Prima juga. agak nyesel sih bolos juga, di kosan juga gak ngapa-ngapain. malah curhat kan di blogspot. tapi yaudah lah mungkin pelampiasan diri aja dari SD-kuliah tingkat 3 gak pernah bolos tanpa keterangan. baru sekarang. keren banget ya meskipun saat itu jungkir balik mati-matian ngalahin males dan puncaknya hari ini. gak apa-apa kali ya bolos satu mata kuliah juga. mama juga pernah cerita ko ngebolehin adek gak sekolah seharian karena adek bilang lagi gak mood sekolah sampe nangis-nangis segala. hmmm yaudah forgiving myself aja. jadiin hari bolos ini untuk muhasabah. enak gak tuh bolos? ngerasa bersalah gak tuh bolos?

jujur sih gak terlalu ngerasa bersalah bolos ini tuh. PPBS itu matkul pilihan padahal matkul pilihan yang harus dikontrak untuk lulus S1 di Pendidikan Biologi UPI cuma 16 SKS dan saya udah kelebihan 6 SKS karena ngebela-belain ngontak PPBS dan keterampilan biologi dengan alesan pengen dapet ilmu yang bakal bermanfaat banget untuk ngajar nanti. jadi sebenernya effort saya udah cukup kan untuk memenuhi 144 SKS itu. ya itung-itung matkul PPBS dan keterampilan biologi tim hore aja di semester ini. ngabisin jatah bolos di matkul pilihan itu gak apa-apa kan? masih wajar kalo kata saya hahahaha

meskipun otak, hati, dan malaikat baik selalu bilang, sayang lho ca meskipun matkul pilihan kamu gak boleh kaya gini. kesempatan baik untuk kuliah jangan disia-siain, selagi masih sehat, muda, ada uang, ada umur. bayangin orang lain yang mau kuliah tapi gak ada kesempatan. kamu tinggal mau berangkat, jalan 7 menit, duduk di kelas aja males-malesan. lihat deh temen-temen kamu di kampus lainnya, ada gak yang males-malesan? semuanya juga berjuang. gak sayang apa sama uang yang bapak kasih, jerih payah bapak kerja cari uang, apalagi sekarang uang bulanan naik. bapak gak pernah loh males-malesan kerja cuma untuk kamu. kok kamu yang tinggal nerima enaknya jadi males-malesan gini. inget juga, bapak oke-oke aja ngebiayain kuliah tanpa nyuruh kamu cari kerja, memenuhi semua kebutuhan primer sampe tersier kamu, kamu tinggal belajar yang bener apa susahnya?

well nyesek lagi. oke oke gak usah sambung-sambungin ke orangtua bikin sedih jadinya. please ya Allah, ampuni kemalasan ini, jangan jadiin skip kuliah hari ini harus diganti sama masa depan suram ya Allah, janji ini gak akan diulangi lagi ko cuma untuk ini aja. ini juga karena matkul pilihan ko ya Allah. waktu jaman metlit dan evpem pernah ngerasain males kaya gini juga tapi gak pernah bolos dan nilainya subhanallah, effort maxima. aku tau Allah udah ngasih yang terbaik banget untuk aku, tapi tolong maafin untuk saat ini aja. emang lagi khilaf malah mau dikalahin sama nafsu. lupa sama tujuan manusia di dunia itu untuk apa, lupa sama tujuan mahasiswa itu untuk apa. sedih jadinya. apalagi kan harusnya hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

oke ini cuma curhat, curhat yang ke-..... gak keitung. dasar manusia. jangan ditiru. bener juga, bolos bikin nyesel doang. gak mau-mau lagi kaya gini. tapi saya bangga sih setidaknya otak dan hati saya masih berjalan dengan baik karena masih ngerasa bersalah yaudah yuk kita ngerjain anfisman aja. tanggungjawab skip kuliah harus produktif hari ini.
 

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak