cuma pengen ngobrol aja

this cozy saturday morning, sendirian di kamar. selesai makan pagi sok-sokan bule (roti pake selai kacang dan segelas susu, tapi terus karena masih laper jadinya makan sosis dan keripik tempe --lain bue eta mah ca). abis itu baca artikel bioteknologi tapi ujung-ujungnya malah buka laptop dan ngeblog. awalnya sempet bingung sih weekend ini mau ngapain, hari ini emang ada meeting Children tapi belum ada kepastian gitu. sebenernya juga ada training legislatif sama orang-orang DPR RI di PKM gitu dan saya ditunjuk jadi delegasi dari Biologi tapi karena hari ini udah janji bisa dateng meeting jadinya gak bisa pergi. padahal jam segini gak tau deh meetingnya jadi apa nggak.

minggu ini galau-segalau-galaunya-galau ya you knw lah ya, last grader university nih. jumat kemaren resmi nulis judul untuk calon skripsi di jurusan. udah mantep be independent aja, gak berpayung-payung dan ngetap-ngetap dosen. selalu gitu. dari SMA saya terkenal jadi orang yang wolesan. gak tau deh emang kaya gini bawaannya. temen-temen juga bilang, kenapa ga konsul dulu ke dosen tentang judulnya ca? udah ngetap dosen belum? biar dapet yang sesuai sama kitanya tau, kenapa gak jadi payung ca? sayang tau dosennya enakeun.

entahlah. jujur saya emang belum konsul lalala lilili tentang judul saya, nulis di jurusan juga sakadaek sorangan gitu, yang penting ada variable yang diukur, materinya apa, dan untuk apa. toh katanya nanti juga bisa diganti-ganti lagi sama dosennya ya ngapain ribet kan. tentang dosen pembimbing kenapa gak ngetap? saya yakin semua dosen di biologi itu berpotensi dan saya percaya banget bahwa segala keputusan itu ada campur tangan Allah, Allah akan kasih yang terbaik kan? saya cuma mau mengantisipasi keputusan terjelek aja kalau-kalau saya dapet dosen yang gak sesuai hati. misalnya saya udah ngetap dosen eh ternyata DBS-nya malah nempatin saya di dosen lain nah lo bisa aja kan? makanya saya gak mau berharap saya satu dosen dulu. takutnya kalo saya berharap pas saya gak dapet dosen itu malah demot. toh kenyataannya tetep aja pengaruh terbesar dalam selesai skripsi kita ya kita sendiri.

kenapa gak jadi payung? iya tadinya saya emang gabung payung tapi akhirnya keluar aja karena emang terlalu idealis kali ya pengen skripsi ini pure hasil kerja keras saya, judul saya yang cari sendiri, kejar-kejar dosen sendiri, galau sendiri karena belum dapet pembimbing yang jelas, biar kerasa perjuangannya. biar keistimewaan itu cuma untuk saya saja, cuma saya yang tahu. biar cuma saya yang menghargai. isn't it sweeter when it's more personal? biar nanti jadi cerita seru ke anak-anak dan murid. kalau payung kan kan kan yagitu deh lagi gak mau ngomongin ah ntar disepet lagi sama temen-temen. okay, one of my keukeuh opinion.

jadi ya gak ikut payung gak ngetap dosen. judul tiba-tiba ada dan pasrah gimana ntar pas bimbingan proposal aja. intinya harus banyak berdoa kan? Allah tau mana hamba-Nya yang minta sungguh-sungguh. Allah selalu bersama orang-orang yang berdoa dan sabar. emang perjuangan mahasiswa tingkat akhir itu sangat gak mengenakan. meskipun gak kompetitif tapi kan tetep aja pasti ngerasa iri sama temen-temen yang pada cepet ngerjainnya, disaat kita males ke perpus tapi kan mau gak mau harus ke perpus, saat disepet-sepet lingkungan kapan sidang?, dan saat kenyataan harus berhadapan dengan tuntutan orangtua.  

pasrah tapi tetep lakuin yang terbaik sih. meskipun gak ngetap dosen saya juga usaha ko dengan cara saya sendiri. hampir tiap hari saya ke perpus cari inspirasi, baca-baca jurnal inter, ngobrol sama kakak tingkat. ya emang baru segitu sih, soalnya saya mikirnya kita belum ngontrak skripsi kok udah repot-repot ngejar-ngejar dosen? semua juga ada waktunya kok. meskipun saya tau maksud ngejar-ngejar dosen itu supaya dapet dosen yang sesuai hati. hah skeptis sih soalnya berasa anak kecil aja, padulu dulu ngetap dosen. padahal nikmati aja yaa (eh tapi gatau lah da belum ngerasain) yaah another my keukeuh opinion sih. just skip. kemakan omongannya kakak dan bapak sih, 


skripsi gak usah yang terlalu susah biar cepet selesai. bagus gaknya skripsi gak ada hubungannya dengan dunia kerja. gak usah mau yang beda, daripada nyusahin kan 

hahaha kewolesan ini ternyata emang ditanamkan di keluarga saya. kata kakak sih hidup itu harus seefisien mungkin. pilih sesuai prioritas. prioritas tingkat akhir apa coba? cepet lulus kan? yaudah skripsi jangan yang ribet, yang biasa aja. cenah. ya tapi tetep aja harus dimaksimalin juga, karena ini ka tugas terakhir kuliah S1 masa gak sungguh-sungguh dijalaninnya kan.

intinya sih tahun depan di bulan ini saya inginnya udah dinyatakan lulus. amin. insya Allah bisa!

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak