Angklung

dulu waktu SD, saya pernah belajar angklung. jadi saat itu saya memang masuk semacam ekskul angklung yang sebenarnya ekskul wajib khusus untuk kelas unggulan (kelas unggulan = kelas yang isinya anak-anak pilihan dari tiap kelas). jadi peserta ekskulnya memang 1 kelas. hampir 3 tahun saya belajar angklung dan udah banyak lagu yang saat itu bisa saya mainkan. semuanya lagu nasional dan beberapa lagu daerah. yang paling saya ingat itu Sarinande dan Bandung Lautan Api. banyak sekali nada yang pernah saya mainkan, hampir semua nada pernah saya coba.

saat itu guru angklung sangat temperamen. namanya Pak Ade Rana, sudah agak tua memang. sedikit saja kita telat masuk nada, sedikit saja kita terlihat melamun, penggaris papan tulis yang sangat panjang dan tebal itu akan dihentakkan ke papan tulis atau meja. masing ingat sekali kalau saat itu 5-10 penggaris patah karena pak guru. tapi justru itu yang membuat saya jadi semakin giat berlatih, giat menghafal kord dan menajamkan konsentrasi.

hampir semua acara pentas besar saat itu pasti kami jadi tim hiburannya. acara perpisahan, panggung 17 Agustus, bahkan dirgahayu kabupaten pun kami ikut tampil. luar biasa. saat itu saya bisa merasakan bagaimana supernya sebuah alat musik dari bambu bisa membentuk suatu harmoni lagu yang indah. dan saya sangat bangga karena saya bisa menjadi salah satu bagian dari ekskul angklung karena kalau bukan masuk kelas unggulan saya gak pernah merasakan bagaimana serunya main angklung.

dan sekarang saya merindukan itu semua. rindu latihan angklung lagi, rindu terlalu cepat atau telat masuk nada. rindu angklung. meskipun sampai sekarang saya belum pernah bermain angklung lagi tapi setidaknya saya pernah menjadi bagian dari orang yang melestarikan musik angklung.

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak