take a risk

hari Selasa kemarin, akhirnya saya memutuskan untuk ikut ujian ulang kapita selekta 2. nilai saya ada ditengah-tengah, gak bagus banget ataupun gak jelek banget. tapi itu yang bikin galau. kalau nilainya jelek banget pasti saya mantap ikut ujian ulang atau kalau nilainya bagus banget saya pasti mantap untuk gak ikut ujian ulang. tapi kalau nilai di tengah-tengah jadi bener-bener pertaruhan nilai dari awal lagi. 

sebenernya dari awal dosen gak maksa untuk ngulang ujian, yang mau aja, yang ngerasa nilainya jelek banget dan ada harapan untuk jadi lebih baik. kaya saya sih sebenernya, karena ada perasaan kalau saya bisa lebih baik lagi dapat nilai dibanding nilai kemarin jadinya dengan mantap saya ngambil kesempatan ngulang itu dengan konsekuensi nilai saya pun bisa aja jadi lebih rendah dari nilai kemarin padahal nilai kemarin juga udah lumayan bagus, peringkat 17 dari 78 orang haha

beberapa temen-temen juga pada heran kenapa saya lebih milih ngulang, padahal peluang nilai bagus dan jelek sama 50%, udah gitu buang-buang waktu aja mending ngerjain tugas yang lain demi sesuatu yang belum pasti. tapi gak tau kenapa saya penasaran aja dengan ujian Kapita Selekta 2 dimana genetika, evolusi, dan mutasi yang jadi satu ujian itu. apalagi pas ujian sebelumnya saya cuma ngerasa gak bisa di bagian evolusi (terutama yang penghitungan Hardy Weinberg-nya) jadinya makin tertantang untuk ujian lagi, itung-itung belajar lagi kan?

malam sebelum ujian, meskipun di hari yang sama juga ada ujian ekum tapi saya bela-belain belajar kapsel. ngerjain banyak soal genetika dan Hardy Weinberg supaya lancar tapi saat itu memang bukan hanya karena untuk ujian kapsel tapi lebih ke gereget pada diri sendiri karena dari SMA saya lemah banget di dua materi itu. masa udah mau PLP masih gak ngerti-ngerti juga. dan besoknya di kampus saya benar-benar mantap ambil ujian ulang, gak peduli mau nilainya jadi lebih jelek (karena yang diambil untuk nilai fix itu ya ujian kedua) yang penting saya puas karena dengan ikut ujian ulang itu saya jadi bisa jawab semua soal Hardy Weinberg padahal sebelumnya gak ada satu pun yang bisa dikerjain. alhamdulillah.

segala sesuatu itu pasti ada resikonya, saya juga tau resiko yang akan muncul kalau saya gak ikut atau ikut ujian ulang itu. tapi kan hidup ini pilihan, ketika saya sudah memilih sesuatu saya harus siap dengan resikonya. begitu pula dengan pilihan ikut ujian ulang yang saya pilih ini. kalaupun nanti nilai saya malah jadi lebih kecil saya gak akan menyesal karena jauh dibalik nilai itu saya dapat hal yang jauh lebih penting. pemahaman yang bertambah dan kemampuan menyelesaikan soal Hardy Weinberg :D

okelah ini emang gak berbobot, cuma masalah pilihan ikut ujian ulang aja sih tapi ya anggap aja ini simulasi pilihan hidup yang nantinya akan lebih besar lagi.

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak