GOOD bye 5

hari ini hari terakhir UAS di semester 5. speechless. gak bisa berkata-kata selain bersyukur and honestly it's beyond words! gak percaya bisa melalui semester 5 yang suuuuuuuper supernya. 18 SKS teori dengan 9 SKS praktikum dan 10 SKS rapat. semester yang paling membuat saya banyak berdosa kayanya. nyindir sana sini, ngomongin kejelekan teman-teman, ngeluh terus, gak sabaran. sedih dan menyesal emang di akhir. padahal tanpa hal itu pun semester 5 ini bisa selesai ya?

kalau dibilang muhasabah ya bakal lama tentunya. harus minta maaf ke semua orang, teman-teman di kelas, staf-staf di organisasi, kakak-kakak di DPM, dan bahkan minta maaf sama Allah dan orangtua. merasa gak maksimal di organisasi dan kuliah sih yang buat nyesel senyesel-nyeselnya. mungkin karena saya terlalu membiarkan organisasi kali ya dan lebih milih fokus di akademik, padahal organisasi itu amanah dan bentuk jihad di jalan Allah juga kalau ikhlas, apalagi di hima itu kan memang tujuannya untuk berbakti pada almamater untuk kebaikan bersama. salahnya disitu. padahal kalau saya tetap fokus di organisasi Allah juga gak akan ngebiarin saya jatuh di akademik, beliau pasti akan menolong saya! kalau gak percaya, Allah sudah berjanji di QS Muhammad ayat 7.

dan sekarang, saya malu. benar-benar malu sama Allah karena udah ngerasa paling tau dan bisa menjamin diri sendiri bakal sukses di akademik ketika organisasi di nomor duakan. padahal siapa yang bisa ngejamin IP kita tetep bagus dengan gak banyak kegiatan dan lebih milih belajar di kosan? gak ada! makanya ini yang bikin saya nyesel, karena awalnya ketakutan semester 5 gak kehandel jadinya di organisasi seadanya aja, gak maksimal. dan ujung-ujungnya saya ngerasa di organisasi kurang, di akademik pun gak ada yang puas. 

ibadah juga. kurvanya menurun, gak sadar padahal yang bikin saya khusnul khotimah di semester 5 itu ya cuma Allah, sok-sokan pakai alibi sibuk dan kecapean untuk gak tilawah ba'da isya dan gak qiyamul lail. gak pernah lagi puasa sunnah karena selalu ngerasa kecapean tiap harinya dan kelewat waktu sahur terus. alasaaan terus. scapegoating-in semester 5. padahal kan siapa yang memegang kendali semuanya? bukankah kalau kita ingin mendapatkan sesuatu harus mendekati seseorang yang mempunyai sesuatu itu?

dan tersadar semuanya itu gegara setelah ikut rapat besar acara himpunan 'BFUB XV', seorang kakak tingkat nyindir saya banget, dia bilang kaya gini 

"Dulu saya juga sama-sama di semester 5, sibuknya luar biasa, kuliah dan organisasi. kalian tau, IP saya turun tapi saya puas karena saya ngerasa total di organisasi. saya puas sudah bisa membantu banyak orang."

saya kesindir. jujur saya salut sama kakak tingkat saya itu. nah saya? di organisasi gak total, dan kalau di akademik juga gak maksimal gimana coba? makin galau dengan si semester 5 yang dijadiin kambing hitam  sebagai alasan untuk lalai di organisasi. ya Allah ampuni. banyak yang saya sadari kalau langkah yang saya ambil itu sangat salah. oke, kuliah memang amanah utama tapi gak harus jadi lalai di amanah yang lainnya juga kan? padahal seharusnya jadi muslim yang baik adalah muslim yang seimbang, muslim yang banyak bermanfaat untuk orang lain bukan untuk dirinya sendiri.

Alhamdulillah hidayahnya tiba sebelum masuk semester 6. insya Allah gak akan terulang lagi ya peristiwa kemarin. mulai berkarya di DPM HMBF?, di AIESEC, atau mungkin di TEDxUPI? untuk himpunan sendiri masih ada waktu 1 bulan lagi untuk membuatnya jadi happy ending. tetap semangat, gak ada kata terlambat untuk mengubah segalanya. untuk semester 5 masih ada kesempatan untuk menumpuk doa, gak ada kata terlambat untuk memohon hasil yang baik dan memohon ampun, insya Allah. intinya masih ada waktu untuk memperbaiki segalanya.

jadi inget juga pesan Teh Puti, yang bilang kalau nanti semester 6 gak usah ngeluh-ngeluh soal teman kelompok, tugas yang banyak, ujian yang susah. enjoy aja dan buat semuanya sebagai tantangan hidup untuk kebaikan. insya Allah kalau kita ikhlas, Allah pun kasih jalan. capek kan udah semester ke-6 tapi masih aja dibelenggu sama kejelekan hati? oh dearest Teh Puti, kecup dari kosan :*

and let's close semester 5 with a sincerity of heart, full of satisfied, big smile, ton gratitude to Allah. may Allah gives me ton of luck to, gives me the best for the result. SEMESTER 6! godspeed!

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak