Dad ♥

udah lama banget ingin nulis sesuatu untuk ayah, the strongest person i've ever meet. dan baru sempat sekarang. ah bapak (panggilan saya untuknya di rumah hingga kapanpun) hmmm jujur, saya gak dekat dengan bapak karena bukannya apa-apa, bapak emang orangnya dingin sekali. cuek sama anak dan cenderung sulit berinteraksi dengan anak kalau di rumah. bapak itu tipe yang harus dipancing, jadi kalau mau dekat atau minta apapun yaa jangan sampai menunggu dia ngelakuin duluan, kalau gitu siap-siap deh sampai Ken Arok reinkarnasi juga gak akan terwujud. 
bapak itu anak pertama di keluarganya, kalau saya lagi di rumah nenek (keluarga bapak) keliatan sekali semua orang di rumah itu sayang sama bapak. sering banget saya dengar cerita nenek dan kakek atau adik-adiknya bapak memuji sifat bapak dulu. bapak yang pekerja keras, yang sangat sayang sama adik-adiknya, yang gak pernah banyak ngeluh, yang selalu berrela berkorban jaga adik-adiknya selagi kakek nenek kerja di pasar (gitu cerita nenek). pas tante dan om cerita pun terlihat mereka begitu hormat dengan bapak karena mereka merasakan sendiri betapa dulu bapak selalu rela menjaga mereka dari mulai buat nasi dan lauk sendiri untuk adik-adiknya makan, kebayang gimana perjuangan bapak dulu harus bikin nasi plus lauknya saat belum ada kompor gas dan rice cooker.
banyaak sekali cerita kebanggaan keluarga besar mengenai bapak. dan memang seperti itu bapak sekarang. bapak yang gak pernah ngeluh, bapak yang gak pernah banyak bicara, bapak yang selalu kerja keras, bapak yang selalu rela berkorban, dan bapak yang gak tega lihat anaknya susah!
saya pernah nanya ke bapak, kenapa bapak terlalu baik sama anak-anaknya? setiap yang kita minta, kalau sedang ada rezeki tanpa ditanya untuk apa dan harganya berapa pasti bapak langsung mengiyakan untuk membelikan. lalu bapak hanya jawab gini 'Bapak gak mau kalian ngerasain apa yang Bapak rasain dulu. perih banget rasanya zaman dulu itu...'
dan itulah bapak saya. bapak terbaik, tersabar, dan super keren. sampai sekarang saya sering iba dengan bapak, dari dulu sampai sekarang masih kerja keras, dulu untuk adik-adiknya, sekarang untuk anak-anaknya, lalu kapan bapak menikmati hidupnya sendiri tanpa memikirkan orang lain? apa bapak gak bosan kerja keras terus? saya saja yang baru kuliah tingkat 3 sudah bosan dengan rutinitas kuliah dan rapat, sering mengeluh sana-sini, tapi bapak? hampir 40 tahun hidupnya untuk kerja keras dan itu demi orang lain!
tapi alhamdulillah sekarang bapak sudah lumayan maju kehidupannya, karena kerja keras itu. dulu saat bapak masih berstatus guru matematika SMA, rumah kami masih mengontrak dan mobilitas hanya dari sebuah motor vespa. itu pun pemberian dari orangtua mamah. tapi sekarang? alhamdulillaaah, bapak sudah menjadi kepala sekolah, rumah sudah resmi dimiliki, sudah bisa terbeli alat transportasi lainnya juga bahkan berlebih sebenarnya. ah pak, hasil kerja keras itu selalu berbuah manis memang.
sampai sekarang juga saya sampai heran, kok bisa dari penghasilan PNS seperti bapak itu bisa membiayai sekolah kakak, saya, dan adik hingga sekarang, kalau dipikir-pikir memang tidak masuk tapi nyatanya bapak bisa membiayai berpuluh-puluh juta itu demi pendidikan anak-anaknya. teringat lagi bapak pernah bicara seperti ini,

"Bapak belum tentu bisa ngasih warisan-warisan, warisan terbesar bapak cuma satu, ilmu dari hasil kalian sekolah. makanya sekolah yang bener ya..."

bodohnya saya kalau masih belum bisa mengaplikasikan prinsip hidup nan keren ayah saya itu. sudah jelas-jelas bapak mencontohkan hal baik itu demi anak-anaknya, begitu bodoh kalau saya tidak bisa belajar dari itu semua. begitu bodoh kalau saya masih belum bisa sekolah yang bener. begitu bodoh kalau saya gak bisa membuat bapak bangga.
ah bapak, terlalu banyak kebaikan dan kesuperan bapak sebagai makhluk Allah yang bisa saya ceritakan. semoga bapak selalu dikuatkan dan dimudahkan segala urusan oleh Allah. semoga bapak selalu sehat...

♥ Bapak, kami sayang bapak. jangan sungkan-sungkan untuk bilang 'tidak' ya pak :)

yes truly!

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak