goodbye holiday!

[nyaingin postingan-nya Rahmi beberapa hari yang lalu]. 
Hari ini jadwalnya saya untuk kembali ke kosan setelah tiga minggu liburan di rumah dan di rumah nenek, kebetulan perpulangan ke kosan pasca liburan hari ini dari rumah nenek karena kemarin harus hadir di acara pernikahan Om Ganjar (i’ve told you), hari ini Hari Sabtu, sebenarnya saya bisa-bisa saja pulang ke kosan hari Minggunya tapi jadwal rapat sudah menumpuk jadinya hari Sabtu jam 10 pagi itu saya sudah keluar rumah nenek.

Lain dari biasanya, karena hari itu masih ada keluarga di rumah nenek (keluarga saya baru pulang ke Rangkasbitung sore harinya) jadinya pergi ke stasiun pagi itu dianter motor sama bapak. Karena rencananya saya mau pakai kereta tujuan Bandung jam 10.10 jadinya sekitar jam 10 kurang 15 menit udah berangkat.

Persiapan perpulangan juga dibantu mamah, mamah ingetin sana-sini takutnya ada barang yang tertinggal, belum lagi mamah juga masukin beras rumah nenek untuk di kosan supaya gak usah beli nasi jadi. Jadinya pagi di hari itu, saya dan mamah sama-sama packing, saya packing bawaan ke kosan, mamah juga packing bawaan sekeluarga untuk pulang ke Rangkasbitung. Sebelumnya saya dimarahi (lagi) sama mamah karena jam 8an masih leha-leha di depan tivi sambil nonton Ups Salah sama si kakak padahal saya belum packing dan harus ngeburu kereta yang jam 10. Akhirnya karena mamah terlihat marah saya pun langsung packing (anyway saya itu orang yang termasuk cepat dan hal per-packing-an jadi makanya sering nyantai) dan terbukti dengan hanya 15 menit packing pun selesai padahal bawaan juga lumayan banyak, bawa sembako dan pakaian juga.

Di tengah-tengah packing-nya mamah sempet-sempetnya bantu saya packing, nyiapin beras dan lain-lain. Saya terenyuh. Benar kata banyak orang, orangtua itu gak pernah ngangep anaknya dewasa, padahal bisa aja saya packing sendiri tapi mamah dengan perhatiaanya bantuin sambil nasehatin ini itu. Tears drop.

Setelah packing selesai saya mandi dan jam 10 kurang 20 menit sudah siap semuanya tinggal berangkat, bapak udah siap aja di luar sambil manasin motor. Tapi karena saya gak keluar-keluar akhirnya bapak masuk ke kamar saya dan nyuruh cepat karena udah hampir jam 10. Dengan dodolnya saya malah bilang gini, “ Tenang aja sih Pak, ke stasiun cuma 10 menit kok, Ca gak mau kalo harus nunggu lama-lama di stasiun.” Bapak no comment malah langsung keluar. Saya pun langsung pamitan sama orang-orang rumah, termasuk mamah dan kakak, kecuali adek (saat itu gak tau tuh anak lagi kemana), seperti biasa pas saya salam ke mamah (saat itu mamah lagi nyetrika), mamah cium saya sambil bilang “Sing gede milik!” saya cuma senyum sambil bilang amin, terus mamah bilang lagi “Gak dianter sampai luar ya.” Saya cuma diem aja lalu langsung keluar karena bapak udah mulai nge-starter motornya. Eh ternyata pas saya naik ke motor mamah keluar juga termasuk kakak dan sepupu kecil saya, mungkin mamah dan kakak ingin ngeliat saya lagi karena kayanya kita baru bisa bertemu lagi pas saya liburan semester.

Di bonceng bapak ke stasiun itu hal yang jarang sekali terjadi, kalau waktu SMA hampir setiap bulan saya selalu di bonceng bapak untuk diantar ke CMBBS setelah waktu perpulangan. Kalau sudah kuliah seperti sekarang sudah sangat jarang, makanya pas di bonceng itu saya benar-benar menikmatinya.

Tapi ternyata belum sampai ke stasiun (masih sekitar 500 meteran lagi) motor berhenti, saya pun turun karena setelah di starter berkali-kali sama bapak, motornya tetap gak hidup. Bapak juga ikut turun dari motor lalu bilang, “Bensinnya abis ini.” Saya sih biasa aja karena emang stasiunnya juga udah deket, tapi dalam hati saya bilang ‘kenapa bisa kecolongan bensin abis? Padahal sebelumnya bapak pakai motor itu'. Tapi yasudahlah lupakan aja terus saya bilang, “Ya udah Ca jalan aja deh stasiun da udah deket ini.” Eh bapak malah bilang, “ Jangan, pakai ojek aja biar cepat.” “Gak deh Pak, mending jalan aja udah deket kok,” kata saya keukeuh. Akhirnya bapak pun ngalah dan membiarkan saya jalan tapi tiba-tiba pas saya mau ngambil tas jinjingan di motor bagian depan bapak malah pegang itu dan bilang kalo dia mau ikut jalan sama saya ke stasiun. Saya sempet nanya, “Terus ini gimana motornya?”, “Gak apa-apa ditinggal aja disini. Yuk.” Jawab bapak sambil melangkah. Terharu untuk kesekian kalinya, lalu kita pun jalan sebelahan ke stasiun so sweet sambil ngobrol-ngobrol kecil. Eh ternyata jalannya lumayan jauh, bapak sempat ngos-ngosan karena sambil jinjing bawaan sembako saya yang emang berat banget, sambil ngos-ngosan bapak terus ngajak saya ngobrol. Padahal sepanjang jalan itu mata saya udah berkaca-kaca, kenapa harus seperti ini? Kenapa mereka selalu bikin saya terharu? Untungnya bapak gak lihat kalau saya nangis karena saat itu juga saya langung nanya, “Terus ntar bapak balik lagi ke rumahnya pakai apa? Gak ada tukang bensin di sini mah.” Tapi dengan jelasnya bapak biang, “Udah gak usah dipikirin, biarin aja. Oh iya ntar paling bapak transfer uangnya tanggal 6 ya, gak apa-apa kan?” Langsung saya nangis lagi. Semuanya ini benar-benar gak fair. Di saat saya khawatir dan dibuat terharu oleh bapak, dengan mudahnya bapak bikin keterharuan saya jadi triplet. Ternyata kekhawatiran bapak terhadap saya lebih besar, padahal sebelumnya saya udah bilang kalau uang bulan Agustus pun masih ada, tapi bapak malah khawatir karena bakal telat transfer. Saya? Speechless!

Pas sampai ke stasiu ternyata pas dengan kedatangan kereta jadinya bapak gak perlu nungguin saya lama-lama, dan untungnya kereta juga kosong jadi saya bisa pamitan ke bapak tanpa harus buru-buru berebut ke dalam kereta. Saya pun salam ke bapak dan bapak cuma bilang, “Hati-hati ya kalau ada apa-apa atau mau apa SMS aja yaa.” Kata bapak sambil ngasih selembar uang. “Ini buat jajan sebelum bapak transfer ya.” Oh padahal uang di ATM juga masih lebih dari cukup dan bapak malah nambahin lagi. Terharu untuk keseribu kalinya.

Dan setelah pamitan itu saya langsung naik kereta, cari tempat yang nyaman dan kemudian langsung ngeliat keluar nyari bapak. Ternyata bapak sudah gak ada, baguslah, jangan sampai saya nangis lagi di kereta. Well mungkin itu yang bisa saya ceritain perpulangan saya kali itu. Dalam waktu hanya setengah jam, orangtua saya berhasil bikin anaknya yang dingin ini berkaca-kaca berkali-kali.

Gak ada yang bisa nandingin kebaikan orangtua, kejahat apapun kita ke mereka percayalah mereka gak pernah sedikitpun ada niatan untuk menyakiti kita. Mungkin setiap saya pisah dari orangtua karena harus ke Bandung, saya sering sedih dan khawatir dengan orang-orang rumah tapi mungkin orangtua kita jauh lebih dari itu.

Di kereta saya berpikir, gak ada waktu lagi untuk berleha-leha kuliah, untuk bermalas-malasan kuliah, perjuangan orangtua kita terlalu berat untuk dikhianati, mereka terlalu innocent untuk didzolimi. Jangan sampai orangtua saya terus yang membuat saya terharu dan menangis bangga karena saya memiliki mereka, atas apa yang sudah mereka lakukan terhadap saya, saya pun harus membuat orangtua saya terharu dan bangga punya anak seperti saya. Saya masih anak ‘kecil’ masih sangat jauh untuk bisa disebut membanggakan orangtua. Kerjaan saya masih saja menghambur-hamburkan uang orangtua, pergi jalan sana-sini cekakak cekikik dengan teman-teman, shopping, makan enak, nonton Korea seharian, padahal orangtua saya banting tulang agar saya bisa melakukan itu semua. Pathetic.

keingetan lagi, di paragraf sebelumnya saya sempat heran kenapa bapak sampai gak tau kalau bensinnya bentar lagi mau abis. tapi pas dipikir lagi mungkin niat awalnya emang bapak mau ke pom bensin dulu sebelum ke stasiun tapi berhubung saya lelet keluar rumah jadinya bapak malah langsung ke stasiun takutnya saya ketinggalan kereta. jadilah motor berhenti di jalan dan bikin bapak harus jinjing bawaan saya yang berat. tears drop again! yah positive thinking-nya seperti ini. dan tiba-tiba jleb lagi.

Ah Ya Allah, maafkan saya. Bahagiakanlah kedua orangtua saya sebagaimana mereka selalu berusaha membahagiakan saya. Hanya doa itu mungkin yang saya bisa sampaikan untuk orangtua saya, saya sedang berusaha untuk menjadi anak yang sesempurna mungkin di mata mamah dan bapak, saya juga bukan anak yang tak tahu diri, insya Allah saya tetap istiqomah di jalan yang diridhoi Allah dan orangtua saya ini.

Mah, Pak, maaf ya kalau masih bikin repot, maaf kalau belum jadi anak yang ‘sempurna’, maaf karena masih jadi anak yang biasa saja, maaf karena belum bisa berkontribusi banyak untuk membuat Mamah dan Bapak terharu juga bangga.

Mom, Dad. I always try to be a daughter that father and mother proud of. wish both of you in good health everytime!

With a bunch of love,
Your fool daughter 

Comments

  1. gak bohong, gue nangis sejadi jadinya cacaa T.T

    ReplyDelete
  2. T___T tuh kan kan kan.. orang tua tuh yaa....

    ReplyDelete
  3. aaaah baru baca komen-komen kaliaan, thank u udah mau baca postingan ini. semoga bermanfaat untuk menambah semangat kuliah ya. iya selalu aja ya orangtua yang buat menangis..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak