10 Muharram

sungguh, berawal yang ga niat puasa karena (lagi-lagi) gue ga tau kalo hari ini tepat tanggal 10 Muharram dan disunahkan puasa, untungnya anak kosan pada berisik sekitar jam 4 subuh gitu. gue kebangun sambil penuh heran kenapa ko ruang TV rame banget sambil kedengeran kelontrang-kelontrang suara piring dan sendok sekarang kan hari selasa tapi ko pada makan subuh-subuh ya? tanya gue sambil ngumpulin fokus mata abis bangun tidur. eh pas gue inget-inget lagi sekarang tuh emang bulan Muharram, waduh jangan-jangan hari ini tuh tanggal 10 Muharram. langsung lah nyalain lampu kamar dan liat kalender, ngitung hari dari tanggal 1 Muharram pas tanggal 27 Desember. exactly! today is 10th of Muharram. langsung lah gue ngambil makan buat sahur karena pas liat jam tinggal 10 menit lagi adzan subuh. sambil makan sambil liatin jam takutnya ga keburu minum. tapi alhamdulillah masih sempet minum tepat adzan dimulai.

padahal pas solat subuh gue mikir, bener ga ya tanggal 10 Muharram itu ada puasanya? sempet ragu soalnya bener-bener lupa soal puasa Sunnah ini (astaghfirullah) tapi pas di kampus, tanya sana tanya sini ternyata banyak juga yang puasa. well minimalnya gue ga salah puasa lah. pas selesai kuliah gue mentoring, pas banget di mentoringnya dibahas tentang 10 Muharram ini. terjawablah semuanya...

oke puasa 10 Muharram memang puasa yang tidak dilakukan nabi Muhammad tapi sebelum meninggalnya, Rasulullah berkata bahwa seandainya umur saya bisa mencapai tanggal 9 dan10 Muharram maka saya akan berpuasa pada tanggal itu. banyak sebenarnya yang dibagi saat mentoring itu intinya sih sama dengan yang ada di blog ini. enjoy reading!

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak