asisten praktikum

sedikit curhat. buat edisi kali ini yuk ah kita ngebahas asisten praktikum. maklum lah gue anak kelabing jadi pas kuliah pasti ditemenin dosen dan para asprak (red.asisten praktikum). awalnya gue sempet kagum sama para asprak, gimana nggak mereka rela-relain waktu buat dateng di jam yang sebenernya bisa mereka pakai untuk ngerjain tugas yang lain atau bahkan bisa istirahat dan main. belum lagi tuntutan dari dosen yang mengharuskan mereka (mau ga mau) untuk menguasai materi, harus meriksa laporan praktikum, harus mantau perkembangan kognitif dan psikomotorik kita di lab, terus ngawal pas kuliah lapangan, terus meriksa ujian, dan yang terakhir ngerekap nilai! such a fool things to do actually...

berawal dari idealisme gue akan hal itu, gue selalu hormat dan give my four thumbs up buat asprak lah. tapi ternyata makin kesini, gue malah dibikin ilfeel sama asprak. banyak hal yang emang gue rasa ga semua asprak sebagus dan sedewa yang gue bayangin. oke gue bahas satu-satu. untuk asprak semester 2 mah masih life so enjoy banget, seru-seru dan emang sangat objektif dalam ngasih nilai. sekarang? gue dikecewain beberapa kali sama asprak-asprak itu.

mata kuliah botani cryptogamae, awalnya gue bingung kenapa asprak kelas A dan kelas B orangnya satu geng? gue kira cuma kebetulan tapi ternyata mungkin emang mereka rencanain. hasilnya? waktu kuliah lapangan mereka malah keliatannya sibuk dengan temen-temen satu geng mereka, serasa mungkin kulap kita jadi piknik buat mereka. saat praktikum pun gue sama sekali ga ngerasa adanya suplai ilmu lebih dari mereka kalo ga ditanya sama kita ya mereka diem aja gitu di kursi lab paling belakang, jarang banget nanya 'gimana ngerti ga?' yang mereka tanyain paling 'hadir semua ga anggota kelompoknya' oke nyatanya tugas asprak itu bukan hanya untuk ngabsen eeeerrrr

mata kuliah struktur hewan. ini yang paling bikin gue naik pitam. emosi jiwa tingkat dewa. gimana ga marah, buku gambar yang udah gue benerin sebener-benernya gara-gara diperiksa sama salah satu asprak yang biasanya ga pernah meriksa buku gambar gue dan ga tau letak kesalahan gue dan perkembangan gambar gue tiba-tiba ngasih nilai cuma 70. watdefak! 70 men 70 doang dengan gambar yang gue rasa udah sangat representatif. ga tau emang tuh asprak punya dendam sama gue (karena emang kita saling kenal) atau gimana. logikanya, harusnya sih ya justru kalau kita kenal asprak katanya bakal ada nilai-nilai pertemanan tapi nyatanya ga bagi gue. dibandingin sama temen-temen yang lain nilai gue termasuk kecil, beberapa orang bahkan ada yang 80 dan salah satunya adalah temen deket gue (nyatanya tanda tangan yang ngasih nilai di buku gambar dia dan gue beda yang artinya yang meriksa buku gambar kita tuh beda orang)yang biasanya selalu liat gambar gue sebelum dia gambar. nyeri hate.

belum lagi laga para asprak semester 3 yang menurut gue sok pinter tapi ga mau berusaha bikin kita ngerti #opini gue sih ga suka aja. sok sok an pake prinsip kode etik asprak lah buat melindungi alibi mereka. huh jadi inget kasus bocornya soal ujian struktur hewan gara-gara salah satu asprak malah ngasih file soal ke salah satu temennya yang mana temen gue juga. meskipun dia ga bilang itu file soal, tapi pada kenyataannya kita semua belajar dari situ dan tereeeeng soal pun bocor!

kalo udah gitu? kode etik asprak tuh ga guna kenyataanya. cuma buat seperti yang udah gue bilang. tapi meskipun mereka gitu, gue tetep ada keinginan untuk jadi asprak dan hal ini aja most wishes 2012 gue hahaha tentu aja gue ga akan lah ngulangin apa yang para asprak itu lakuin ke gue, gue aja ga enak digituin jadi gue juga ga tega ngegituin adik kelas gue.

well, ini cuma opini. agar nyerepet ati sih emang, tapi yaaa namanya juga curhat lol

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak