kuliah yang ternyata ga segampang SMA

Udah sekitar satu minggu saya menjalani kuliah. Hahaa…shocked. Saya gak pernah ngebayangin kalo kuliah itu lebih ribet dari SMA, waktu SMA sih pas masuk kita santai-santai aja. langsung dapet kelas, jadwal, guru, pelajaran, dan kurikulum yang sudah sangat jelas. Tapi pas kuliah mah gak segampang itu. Saya aja sempet dibikin pusing.

Yah, pas sehari sebelum masuk kuliah saya dapet SMS dari Tary, anak bio 2010 juga kalo ternyata jadwal matkul dan pembagian kelas udah ada. Terus saya tanya, emang liatnya dimana? Tary bilang di papan pengumuman di gedung FPMIPA. Ya udah dong sama sama Adhina, temen se-fakultas, temen sekostan, dan temen se-SMA saya, langsung caw ke gedung FPMIPA siang-siang demi ngeliat kelas dan jadwal matkul.

Sampe disana ternyata papan juga penuh sama senior-senior yang juga ngeliat jadwal matkul. Tapi untungnya mereka cepet selesai dan saya sama Adhin bisa liat jadwal. Dan sumpah, saya gak ngerti sama format jadwalnya. Untungnya ada senior jurusan matematika yang ikhlas ngajarin kita cara baca jadwal matkul (dampak gak ikut ospek universitas dengan benar, don’t try this in your campus). Katanya, cari aja jadwal 2010 yang sama dengan dosen-dosen yang di KRS kita, jadinya kita tau kita kelas apa dan jadwal kuliahnya kapan aja. Setelah diajarin, Alhamdulillah saya ngerti dan memutuskan dengan sepihak kalo saya kelas Bio A 2010, dan Adhin pun sama Mat A 2010.

Perkuliahan pun dimulai. Untuk pelajaran umum, kaya biologi, fisika, kimia, matematika, dan filsafat sains kita belajar satu angkatan (kelas besar a,b,c), jadi kita belajar 113 orang satu kelas--shocked dong saya, orang biasanya waktu SMA cuma 24, sampe-sampe kalau ada yang gak masuk seorang aja, sekelas pada engeh. Pas matkul kimia kosong, dipilih tuh ketua, bendahara, sekretaris angkatannya. Ketuanya Miftah, cowok dari Sumbawa, yaa kalo saya sih pilih semaunya aja soalnya saya juga belum tau integritas semua calon ketua (teringat kembali saat di CM milih ketua angkatan, karena milih tikus dalam karung, yaah jadinya kaya gitu. Semoga untuk yang ini gak kaya gitu lagi…)

Terus, saya sih masih biasa-biasa aja, saya isi absen di kelas A dan bilang ke semua orang kalau saya adalah anak bio A. tapi kejanggalan mulai terlihat pas saya masuk kelas olahraga, ternyata nama dosennya beda dengan yang ada di KRS saya. Tapi pas matkul Pengembangan Peserta Didik ternyata dosennya sama dengan KRS saya dan beliau bilang kalau beliau itu dosen untuk kelas B, nah lo…saya jadi bingung. Untungnya pas saat itu kelas A dan B masih ada di ruangan yang sama saat Bu Aty masuk (dosen PPD). Saya pun cepet-cepet menyamakan KRS dengan anak A dan B yang lainnya. Daaaaaann jeeeeeengg….ternyata KRS saya sama dengan anak kelas B. aduhhhh ya Allah, berarti selama ini saya salah. Pas anak kelas A disuruh keluar sama Bu Aty saya gak ikut keluar karena saya mulai yakin kalau saya bukan kelas A (lagi). bu Aty pun mengabsen, ternyata nama saya memang ada di absen kelas B…huhuhuu goodbye deh kelas A…

Beberapa anak kelas A yang dekat dengan saya langsung mengSMS , kenapa saya gak masuk kelas PPD, saya bilang aja kalau saya masuk kelas B. mereka pun heran, ‘kok bisa sih cha’ kata mereka. Saya pun menjelaskan sejelas-jelasnya. Mereka ketawa.

Mereka : emang kamu gak liat ke BAAK (kantor urusan akademik)??
Saya : nggak (saya jawab polos)
Mereka : BODDORRR…
Saya : emang harus liat disana ya? Katanya cuma liat di jadwal aja…
Mereka : daripada kalau liat jadwal doang jadi kaya kamu, mending ke BAAK langsung kan?
Semua : krikkrikkrik

Dan intinya saya resmi jadi anak bio B 2010, satu kelas (lagi) dengan Nella Andriyani. Saat itu juga saya menghubungi Deny (KM kelas A) untuk menghapus nama saya dari data kelas A, saya beritahu semua anak kelas A kalau saya salah kelas (sumpah boddooorr). Dan saya langsung pdkt dengan semua anak kelas B dan bilang kalau saya adalah anak B yang awalnya nyasar di kelas A.

Untungnya kejadian ini baru awal-awal perkuliahan, kalau saya baru tau saat ujian udah dimulai gimana coba? Bisa-bisa saya dianggap gak kuliah sama dosen B gara-gara saya ikut kegiatan kuliah kelas A. Ya Allah makasih Engkau telah mengingatkan hamba-Mu yang ceroboh ini…

Dan saya pun mulai kuliah bersama anak-anak biologi B 2010, seru. Bahkan menurut saya lebih seru dibandingkan dengan kelas A. kelas A cenderung borju, high style, berisik, dan cowoknya sedikit (hahaa soalnya saya termasuk orang yang lebih suka diskusi sama cowok). Tapi di kelas B, sederhana, kalau ngomong seperlunya, tapi ngocak karena cowoknya lebih banyak (mirip sama kelas xi dan xii saya di SMA), dan yang paling penting ternyata kelas B itu adalah kelas student exchange juga, jadi kalau belajar itu bilingual karena harus toleransi sama orang-orang luar (orang Turki, India, Uzbekistan), ckckck…mungkin kelas B itu kelas internasionalnya kali…

Pelajaran buat saya, kuliah beda dengan SMA apalagi sama TK. Nonono! Harus bener-bener independent karena masa depan kuliah gak ada ditangan siapa-siapa kecuali tangan kita sendiri. kalau masa depan SMA sih masih ada di tangan kepala sekolah, nilai UN, dan simpati guru-guru. Kalo kuliah NGGAK SAMA SEKALI !!!!!

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak