Rencana S2

Well sebenarnya sudah ingin menulis tentang rencana S2 (Insha Allah, amin), tapi skip terus karena alasan kemalasan merangkai kata-kata. Tapi kebetulan beberapa hari yang lalu ada anonim di ask.fm yang bertanya tentang alasanku kenapa ambil S2 langsung setelah wisuda sarjana. Ya ngerti sih maksudnya. Kenapa gak kerja? Atau emang gak mau kerja dulu gitu dan nyoba cari uang sendiri? Atau emang gak akan nikah dulu? Yahaha. I got your point! 

Awalnya akan dijawab langsung di answer box ask.fm nya tapi ternyata error terus (karena jawabannya kepanjangan kali ya). Karena gagal publish terus akhirnya dipost disini aja deh. Sekalian menambah postingan di blog juga hehe. Untuk siapapun anon yang bertanya hehe itu pertanyaan terserius yang kujawab superserius juga. Semoga terbantu deh ya dengan alasanku ini. Alasannya banyak, tapi kira-kita yang cukup masuk akal untuk akhirnya jadi dasar mengambil keputusan ambil S2 langsung pasca wisuda sarjana tuh beginilah. 
  1. Alasan paling utama: Ini cuma masalah waktu aja, toh emang dari dulu aku udah berniat dan mewajibkan diri untuk ambil S2 mau gimanapun. Jadi cepat atau lambat ya pasti akan S2, nah daripada ditunda-tunda mending langsung aja kan. Ya alhamdulillah ini juga dapet kesempatan bisa ikut tes pasca wisuda sarjana.
  2. Sebenernya aku gak ada niatan jadi dosen (untuk sekarang), ngajar di sekolah apalagi ngajar anak SMA tuh lebih seru. Lah terus kenapa ambil S2? Yhaa emang kuliah S2 tuh buat jadi dosen? Enggak kan. Ya terserah entar mau ambil path yang mana. Cuma seenggaknya kalau S2, peluang karir pathnya jadi lebih banyak, lebih banyak pilihan. 
  3. Kuliah S2 cuma dua hari/minggu. Jadi masih bisa sambil part time ngajar dimana gitu pake ijazah S1. Seenggaknya masih bisa nyobain kerja bergelar S1 kan hehe plus dapet pengalaman kerja sebelum bergelar S2 juga. 
  4. Otak masih fresh untuk belajar. Selagi masih semangat untuk kuliah, ya dipake aja semangatnya. Hehe. Gak ada yang jamin entar semangatnya masih sama kalau udah kenal duit (kerja) atau ngurus keluarga kecil.
  5. Aku berencana bakal berkarir di dunia pendidikan which means gelar dan pendidikan seseorang itu bakal dipertimbangkan. Beda kalo kamu kerja di perusahaan asing atau BUMN atau wirausaha kan yang dilihat lebih ke skills bukan background pendidikan. Temen-temenku banyak yang bahkan belum S1 terus kerja di perusahaan konsultan asing tapi gajinya tetap sama dengan fresh graduate asalkan punya kinerja yang bagus (bisa disetarakan dengan fresh graduate). Nah kalo di dunia pendidikan kan gak gitu, mau jadi guru SD aja wajib S1. Kalo mau naik pangkat di suatu lembaga pendidikan, gelar dan masa kerja itu sangat dipertimbangkan. Intinya gelar di dunia pendidikan tuh sama dengan aset masa depan. Gak akan ribet entarnya kalo emang berencana akan berkarir di dunia pendidikan. 
  6. Mama bilang gini, "Dulu S1 tuh udah pencapaian paling oke. Eh sekarang S1 udah biasa aja, karena udah jadi suatu keharusan. Nah di masa depan S1 mungkin akan lebih sangat biasa karena orang-orang udah mulai melirik S2 sebagai keharusan juga. Nah gimana bisa anak-anak kalian termotivasi kuliah S2 dan S3 kalau kaliannya juga gak bermodal S2 dan punya pola pikir bahwa S2 dan S3 itu penting? Era persaingan di masa depan pasti lebih sadis." 
  7. Anak-anakku nanti berhak bangga sama Ibunya yang semangat sekolah. Bisa jadi motivasi lagi untuk mereka untuk gak males belajar amin. Hehe. Ini terinspirasi dari buku Sabtu Bersama Bapak. 
  8. Bakal jadi cambukan buatku untuk terus belajar. S2 gak main-main, banyak yang dikorbankan, apalagi kalo pakai biaya sendiri. Gelar sih S2 tapi gak punya manner, gak bisa ngomong depan public, english masih jadi suatu hal yang ditakuti, ditanya materi bio atau pengetahuan umum masih nganga2. Kan malu. Ya mungkin dengan cara ini bisa bikin aku tambah termotivasi untuk terus belajar dan manner dengan siapapun. 
  9. Gak usahlah ada pikiran kalau S2 gak menjamin kita sukses atau sebaliknya (S2 aja gak jamin sukses apalagi S1 hehe :p dude sukses enggaknya seseorang tuh cuma dirinya sendiri yg nilai, bukan oranglain. S1 atau S2 atau kerja gak ada korelasinya sama kesuksesan seseorang toh yg bisa ngukur kan cuma dirinya sendiri). Liat deh Dian Sastro, ya ngapain juga kan kuliah S2 cape-cape, dia udah cantik, tenar, punya keluarga juga. Terbukti S2 tuh bukan hanya sekadar pencapaian untuk gerbang kesuksesan. Terus ngapain S2? Mending kerja, dapet duit, bahagiain orangtua bakal terlihat lebih realisistis. Lah emang membahagiakan orangtua cuma pakai duit aja? Yang penting kita tanggung jawab sama keputusan apapun yang kita ambil orangtua pasti bahagia. Seenggaknya dengan S2 aku udah menggunakan kesempatan formal untuk belajar dan itu diakui pula. 
  10. (Alasan tergaringnya sudah dihapus. Macem apa pula why reason untuk S2 seperti itu).
Waah panjang deh kan. Padahal baru daftar aja dan tesnya belum. Ya gak apa-apa deh untuk motivasi. Salah sih nanya yang beginian sama aku, jadinya kan dibalesnya juga serius dan super panjang. Intinya, apapun yang diambil setelah wisuda sarjana, mau itu S2, spesialis, kerja, nikah, semuanya gak ada yang salah, gak ada yang lebih baik. Semuanya Insha Allah baik kalau dinikmati dan ditekuni. Perbaiki lagi niatnya. Jangan pernah melakukan sesuatu hanya karena gengsi dan udah langsung mikir enaknya aja. Manusia tuh cuma tinggal usaha, kalo emang hasilnya enak ya alhamdulillah dapet bonus dari Allah.

Comments

Popular posts from this blog

1

Jangan sombong, banyakin bersyukur

sahabat kakak